KOLEGIAL : Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi
Vol 1 No 1 (2013)

PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DAN PERBANKAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN METODE CAMEL (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI DAN BANK BNI)

Yuniarti Anwar (Program Studi Manajemen, STIE Dwi Sakti Baturaja)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kinerja keuangan perbankan Syariah dan perbankan Konvensional dengan menggunakan metode CAMEL. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data adalah laporan keuangan dan laporan kinerja keuangan bank yang dipublikasikan oleh Bank Syariah Mandiri dan Bank Negara Indonesia selama periode 2006 sampai dengan 2010. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara keseluruhan perbankan Syariah (Bank Syariah Mandiri) memiliki kinerja keuangan lebih baik dibandingkan dengan perbankan konvensional (Bank Negara Indonesia Persero Tbk) dilihat dari rata-rata rasio CAR, NPL, ROA, ROE, BOPO dan LDR. Hasil pengujian hipotesis dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan perbankan Syariah dengan perbankan Konvensional.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kolegial

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

KOLEGIAL is a national scientific journal published by Dwi Sakti Baturaja College of Economics. This journal contains the issues about the results of research activities, articles, and conceptual papers, from lecturers, researchers, and practitioners from within and outside the institution. The ...