Permasalahan dalam penelitian ini yakni kurangnya keterampilan siswa dalammelakukan gerak dasar lay up shoot dengan baik dan benar serta kurang optimalnya prosespembelajaran dan pemahaman siswa dalam melakukan tehnik dasar lay up shoot dalampermaianan bola basket. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkanketerampilan dasar lay up shoot bola basket melalui model pembelajaran langsung ( explicitintruction) pada siswa kelas VIIIB SMP NEGERI 8 Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakniâjika guru menggunakan model pembelajaran langsung ( explicit intruction) makaketerampilan siswa dalam melakukan gerak dasar lay up shoot akan meningkatâ. Indikatorkinerja : apabila penguasaan siswa dalam hal pelaksanaan tehnik dasar lay up shootmencapai minimal 80% dari keseluruhan siswa yang menjadi subyek penelitian dengankriteria penilaian 70-79 maka penelitian tindakan kelas ini di nyatakan selesai dan berhasil.Kesimpulan dalam penelitian ini yang di laksanakan di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo,dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo denganjumlah siswa 24 orang, putra berjumlah 11 orang dan putri berjumlah 13 orang. Pengambilandata di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembarpengamatan kegiatan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap sikluskemudian di analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata rata kemampuan tehnik dasar lay up shoot yakni padaobservasi awal 54.34 setelah di adakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 74.65 dan padatindakan siklus II di peroleh hasil capaian sebesar 81.94 jadi hipotesis yang di nyatakan âjikaguru menggunakan menggunakan model pembelajaran langsung (explicit instruction ) makatehnik dasar lay up shoot pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dapat ditingkatkanâ dapat di terima.
Copyrights © 2017