cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE VAK PADA SISWA KELAS XI SMA TAMAN SISWA BINJAI TAHUN AJARAN 2012/2013 IBRAHIM, IBRAHIM
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola volimelalui metode VAK pada siswa kelas XI SMA Taman Siswa Binjai T.A 2012/2013. Metodepeneltian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperolah data dalampenelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaranmelalui metode VAK yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yangberbentuk aplikasi teknik passing bawah bola voli sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelummenggunakan metode VAK (pree test) diperoleh 11 siswa (29,73%) yang telah mencapaitingkat ketuntasan belajar, sedangkan 26 siswa (70,27%) belum mencapai tingkat ketuntasanhasil belajar. Dengan nilai rata-rata 60,58. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui metodeVAK. (2) dari tes hasil belajar melalui metode VAK disklus I diperoleh 23 siswa (62,16%)yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (37,84%) belummencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 68,02.Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui metode VAK. (3) dari tes hasilbelajar melalui metode VAK disiklus II diperoleh 32 siswa (86,94%) yang mencapai tingkatketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata siswa adalah 79,28.Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajarsiklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,26 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar24,78%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui metode VAK dapatmeningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Taman SiswaBinjai Tahun Ajaran 2012/2013.
PROFIL KONDISI FISIK ATLET DAYUNG SENIOR NOMOR PERAHU NAGA PROPINSI JAMBI 2017 WIDOWATI, ATRI; SAPUTRA, ADHE
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dayung merupakan salah satu jenis olahraga yang sarana utamanya adalah air denganmedia perahu dan dayung. Cabang olahraga dayung bersifat perlombaan. Olahraga ini bisajuga dimainkan secara individu maupun kelompok. Perahu Naga atau yang biasa dikenal olehmasarakat umum dengan nama Perahu Naga.Atlet Dayung Perahu Naga Propinsi Jambi sering mengikuti kejuaraan perlombaanDayung baik perlombaan Daerah Nasional bahkan Internasional, dalam rangka mengikutipertandingan tersebut para atlet yang ikut serta mengikuti latihan rutin, agar mendapatkanhasil yang maksimal, namun dilihat dari hasil prestasi, para atlet dragon boat Propinsi Jambiini mengalami penurunan prestasi hal ini dapat kita lihat dari hasil pertandingan yangdiikutinya dalam berbagai lomba. Penurunan prestasi atlet Dayung Perahu Naga inidipengaruhi oleh kondisi fisik yang sangat lemah, kondisi fisik yang sangat lemah ini dipengaruhi oleh Faktor latihan yang sangat kurang efektif, dan persiapan pertandingan yangsangat mendadak dan buru-buru.Salah satu faktor penentu dalam mencapai perestasi olahraga adalah terpenuhinyafaktor fisik, yang terdiri dari kekuatan, kecepatan, kelincahan, kordinasi, tenaga, daya tahanotot, daya kerja jantung dan paru-paru, kelentukan, kecepatan reaksi dan kesehatan untukberolahraga.Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan meliputi persiapan sampai pelaporan.Penelitian menggunakan penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusahamenggambarkan objek atau subjek yang diteliti, dengan tujuan menggambarkan secarasistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Adapun teknik pengambilandatanya menggunakan tes dan metode yang digunakan adalah dengan metode survei..Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil simpulan sebagai berikut:Tingkat kondisi fisik atlet senior perahu naga Provinsi Jambi tahun 2017 kondisi fisiknyatermasuk dalam kategori sedang.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-IKHWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017 LUBIS, ADE EVRIANSYAH
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bolabasket pada siswa kelas VII SMP Swasta All-Ikhwan Medan, melalui pendekatan bermain.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalamdua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Sumber data dalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentuk aplikasiteknik dasar dribbling bola basket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penilaianhasil belajar dribbling bola basket. Teknik analisis data yang digunakan secara deskriptifberdasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, dapat disimpulkan bahwa terjadipeningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui pendekatan bermain pada siswa kelasVII SMP Swasta Al-Ikhwan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Adapun hasil yang diperolehdari observasi awal yakni 8 siswa dinyatakan tuntas (33%) sedangkan 16 siswa lainnyadinyatakan tidak tuntas (67%). Pada siklus I diperoleh hasil dimana 15 siswa dinyatakantuntas (62%) sedangkan 9 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (38%). Dan pada siklus IIdiperoleh hasil dimana 20 siswa dinyatakan tuntas (83%) sedangkan 4 siswa lainnyadinyatakan tidak tuntas (17%)
PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN SIDE SHUFFLE DENGAN LATIHAN DEPTH JUMP LEAP TERHADAP DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN SEPAK BOLA SSB BINTANG TIMUR MEDAN TAHUN 2009 MATONDANG, MAHMUDIN
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil pengujian hipotesis penelitian pertama diperoleh nilai thitung > ttabel (9,721 >1,94) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan latihanSide Shuffle terhadap Daya ledak otot tungkai pada pemain sepak bola SSB Bintang TimurMedan Tahun 2009” (Ha diterima) telah terbukti kebenarannya secara ilmiah. Hasil ujihipotesis kedua diperoleh nilai thitung > ttabel (33,667 > 1,94) dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan latihan Depth Jump Leap terhadapDaya ledak otot tungkai pada pemain sepak bola SSB Bintang Timur Medan Tahun 2009”(Ha diterima) telah terbukti kebenarannya secara ilmiah. Hasil uji hipotesis ketiga diperolehnilai thitung > ttabel (3,377 > 1,78) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “latihan DepthJump Leap lebih besar pengaruhnya dari latihan Side Shuffle terhadap Daya ledak otottungkai pada pemain sepak bola SSB Bintang Timur Medan Tahun 2009” telah terbuktikebenarannya secara ilmiah. Harapan peneliti agar pelatih menerapkan latihan plyometricpada pemain sepak bola SSB Bintang Timur Medan Tahun 2009.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BACKHAND SHORT SERVICE DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MULIA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015 WINATA, DEVI CATUR
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Smashbola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Inklusi pada siswa kelas V SD SwastaMulia Medan tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei2015.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihatbahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Smash masih rendah. Dari 25 orangsiswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang(60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teshasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%)yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapaiketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melaluiPenerapan Gaya mengajar Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar BackhandShort Service pada siswa kelas V SD Swata Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015.
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN POOMSAE I MATA KULIAH TAEKWONDO Juniar, Dicky Tri
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan poomsae I mata kuliah Taekwondo.Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan poomsae I pada mahasiswa PJKR yang mengontrak mata kuliah taekwondo tahun ajaran 2016-2017. Pada penelitian yang penyusun lakukan ini, peneliti menggunakan metode penelitian yang penulis lakukan yaitu dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research). Sampel yang diambil dengan cara purposivesampling karena ditentukannya kelas yang paling rendah kualitas keterampilannya dibandingkan kelas yang lain. Hasil penelitiannya menunjukkan pada siklus I ketuntasan belajar mahasiswa masih berada pada 70,5 % yaitu terdapat 28 orang yang sudah menunjukkan ketuntasan belajarnya.Siklus II sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu sudah sampai 87,5 % (35 orang) yang sudah tuntas belajar atau dikatakan lulus. Bagi para pelaksana olahraga terutama guru penjaskes perlu kiranya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran beladiri terutama taekwondo.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR LAY UP SHOOT MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION DALAM CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET KELAS VIIIB SMP NEGERI 8 KOTA GORONTALO PODUNGGE, RISNA
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni kurangnya keterampilan siswa dalammelakukan gerak dasar lay up shoot dengan baik dan benar serta kurang optimalnya prosespembelajaran dan pemahaman siswa dalam melakukan tehnik dasar lay up shoot dalampermaianan bola basket. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkanketerampilan dasar lay up shoot bola basket melalui model pembelajaran langsung ( explicitintruction) pada siswa kelas VIIIB SMP NEGERI 8 Kota Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni“jika guru menggunakan model pembelajaran langsung ( explicit intruction) makaketerampilan siswa dalam melakukan gerak dasar lay up shoot akan meningkat”. Indikatorkinerja : apabila penguasaan siswa dalam hal pelaksanaan tehnik dasar lay up shootmencapai minimal 80% dari keseluruhan siswa yang menjadi subyek penelitian dengankriteria penilaian 70-79 maka penelitian tindakan kelas ini di nyatakan selesai dan berhasil.Kesimpulan dalam penelitian ini yang di laksanakan di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo,dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo denganjumlah siswa 24 orang, putra berjumlah 11 orang dan putri berjumlah 13 orang. Pengambilandata di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembarpengamatan kegiatan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap sikluskemudian di analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata rata kemampuan tehnik dasar lay up shoot yakni padaobservasi awal 54.34 setelah di adakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 74.65 dan padatindakan siklus II di peroleh hasil capaian sebesar 81.94 jadi hipotesis yang di nyatakan ”jikaguru menggunakan menggunakan model pembelajaran langsung (explicit instruction ) makatehnik dasar lay up shoot pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Kota Gorontalo dapat ditingkatkan” dapat di terima.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FREE THROW SHOOT PADA PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA AL-IKHWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016 RAMADHAN, IKHSAN
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakandalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Sumber data dalam penelitian ini berupa tes kepada para siswa yang berbentukaplikasi teknik dasar free throw shoot bola basket. Teknik pengumpulan data denganpenilaian hasil belajar free throw shoot bola basket. Teknik analisis data yang digunakansecara deskriptif berdasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.Adapun hasil yang diperoleh dari observasi awal yakni 9 siswa dinyatakan tuntas(37%) sedangkan 15 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (63%). Pada siklus I diperolehhasil dimana 17 siswa dinyatakan tuntas (71%) sedangkan 7 siswa lainnya dinyatakan tidaktuntas (29%). Dan pada siklus II diperoleh hasil dimana 21 siswa dinyatakan tuntas (87%)sedangkan 3 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas (13%).
PROFIL STATUS GIZI DAN KAPASITAS VO2 MAKSIMAL PADA MAHASISWA UKM BASKET DI UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI RIDLO, AZI FAIZ
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Status Gizi dan KapasitasVo2 Maksimal Pada Ukm Basket di Universitas Islam “45” Bekasi.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode kuantitatif denganinstrument tes Indeks Massa Tubuh yaitu mengukur berat dan tinggi badan sedangkan tesLari Multitahap yaitu mengukur kapasitas VO2 Maksimal serta blanko data, populasi dalampenelitian ini berjumlah 15 orang, kemudian peneliti menentukan sampel dengan teknik totalsampling atau semua populasi. Penelitian ini menggunakan rumus persentase.Berdasarkan data yang diperoleh oleh peneliti secara keseluruhan adalah sebagaiberikut :Persentase keseluruhan dari Indeks Massa Tubuh Pada Mahasiswa Ukm Basket diUniversitas Islam “45” Berkasi terdapat 4 kategori yaitu Kurus,Normal, Gemuk, dan GemukSekali.Dari data secara keseluruhan didapat persentase Indeks Massa Tubuh PadaMahasiswa Ukm Basket Universitas Islam “45” Bekasi kategori Kurus 33% Normal 47%sedangkan kategori gemuk 7% dan kategori gemuk sekali 13%. Sedangkan untuk kapasitasVO2 maks Mahasiswa yang mengikuti Ukm basket di Universitas Islam “45” Bekasi kategoriBuruk 47% Sangat buruk 33% dan kategori Dibawah Rata – rata 20%.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN PADA SISWA KELAS VII SMP PABA BINJAI TAHUN AJARAN 2017/2018 NUGROHO, AGUNG; HALAWA, SOTERIA
PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH Vol 1 No 2 (2017): PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH
Publisher : PENINGKATAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawahmenggunakan gaya mengajar latihan pada siswa kelas VII SMP Swasta PABA Binjai TahunAjaran 2017/2018. Penelitian ini adalah siswa kelas VII yang menjadi sampel dengan jumlahsiswa sebanyak 30 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran menggunakangaya mengajar latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Metode yang dipakaipada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiapsiklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah khususnya passingbawah. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua mingguatau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak18 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60) telah mencapai tingkatketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (40) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar.Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 69,36. Namun belum memenuhi kriteriaketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus IIdiperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90) yangtelah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10) masih belum tuntas. Dengannilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 80,2. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswadari tes sebelumnya yaitu 10,82 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 30%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa menggunakan gaya mengajar latihandapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar passing bawah dalam permainanbola voli pada siswa kelas VII SMP Swasta pada Binjai Tahun Ajaran 2017/2018

Page 1 of 3 | Total Record : 29