SemanTIK : Teknik Informasi
Vol 1, No 2 (2015): semanTIK

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN BIBIT IKAN KEPADA NELAYAN OLEH DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (STUDI KASUS : DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN KOTA KENDARI)

Subardin Subardin (Halu Oleo University)
Sutardi Sutardi (Halu Oleo University)
Wa Impi Nur Santi (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan bagian kunci dari eksekutif, manajer, karyawan, dan setiap manusia dalam kehidupan tak terkecuali dalam pengambilan keputusan untuk memilih calon penerima bantuan pada suatu instansi. Dinas Kelautan dan Perikanan kota Kendari merupakan sebuah instansi pemerintah yang memberikan bantuan bibit ikan kepada nelayan. Proses pemberian bantuan yang belum terkomputerisasi dan belum adanya standar perhitungan yang sesuai mengakibatkan perolehan hasil pemberian bantuan bibit yang cukup lama.Penelitian yang dilakukan dimaksudkan bagaimana untuk merancang dan membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan dengan metode profile matching untuk membantu penyeleksian terhadap nelayan calon penerima bantuan bibit ikan dari dinas Kelautan dan Perikanan kota Kendari yang bertujuan untuk menghasilkan rancangan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan yang diharapkan dapat membantu pihak instansi dalam mengambil keputusan penentuan penerima bantuan bibit ikan yang tepat dan cepat.Hasil dari sistem ini menunjukan 27.76%. kesalahan relatif yang diperoleh dari selisih perbandingan perhitungan yang dilakukan secara manual dan setelah penerapan metode profile matching. Sehingga sistem yang telah dibuat dapat dikatakan layak digunakan sebab kesalahan relatifnya kurang dari 50%. Hal ini disebabkan Dinas Kelautan dan Perikanan kota Kendari belum menerapkan metode profile matching dalam seleksi penerima bantuan bibit ikan sehingga nilai yang diperoleh mempunyai selisih dengan penilaian sistem yang telah dibuat.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching, Bantuan Bibit Ikan dan Perikanan, Kelautan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal "semanTIK" merupakan salah satu media publikasi hasil-hasil penelitian dalam bidang teknologi informasi. Kajian penelitian dalam jurnal yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas, Sistem Informasi dan Robotika. Sasaran dalam penerbitan jurnal ini adalah Dosen, Mahasiswa ...