APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2017): Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA LESSON STUDY PEMBELAJARAN MATERI TRANSFORMASI BERBANTUAN GEOGEBRA

ARIFIN, ARIFIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini mengkaji manfaat penerapan pembelajaran model penemuan terbimbing  materi transformasi berbantuan geogebra pada lesson study di SMP Negeri 1 Karangploso tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari penelitian diperoleh temuan dampak  pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada lesson study bagi siswa yaitu (1) dengan bantuan software  geogebra dapat meningkatkan penguasaan konsep transformasi yaitu pergeseran dan pencerminan, (2) dengan pembelajaran penemuan terbimbing keaktifan siswa dalam belajar meningkat, (3) dengan penemuan terbimbing siswa meninggalkan belajar menghafal rumus (4) lesson study dapat dijadikan sarana meningkatkan kualitas guru dalam memfasilitasi pembelajaran.   Kata kunci: geogebra, lesson study, penemuan terbimbing, transformasi.   Abstract This study examines the benefits of applying learning model of guided discovery of geogebra-assisted transformation materials to lesson study in SMP Negeri 1 Karangploso in academic year 2016/2017. The method used in this research is qualitative descriptive. From the research, it is found that the learning impact of guided discovery of geogebra assisted on lesson study for students are (1) with the help of geogebra software, it can improve the mastery of transformation concept that is translation and reflection, (2) with learning of guided discovery, the students’ activeness in learning increase, (3) Guided discovery makes students avoiding memorize the formula (4) lesson study can be used as a means of improving the quality of teachers in facilitating learning   Keywords: geogebra, guided discovery, lesson study, transformation.  

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

APM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JURNAL APOTEMA, p-ISSN: 2407-8840, e-ISSN: 2580-9253 adalah wadah informasi berisi artikel-artikel ilmiah yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan kajian ke-Islaman dibidang keilmuan Pendidikan Matematika. Jurnal APOTEMA ini terbit 2 kali ...