SISFOTENIKA
Vol 5, No 2 (2015): SISFOTENIKA

Penerapan Konsep Gamification pada Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Web

Bety Wulan Sari (Unknown)
Ema Utami (Unknown)
Hanif Al Fatta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

AbstrakTenses merupakan suatu bentuk kata kerja dalam tata bahasa pada bahasa Inggris yang berhubungan dengan waktu terjadinya suatu peristiwa. Dengan memahami dan menguasai tenses, maka bahasa Inggris akan terasa mudah karena tenses adalah dasar dari suatu pola kalimat bahasa Inggris. Terdapat 12 tenses yang sering digunakan dan seringkali membingungkan dan rumit bagi sebagian besar orang. Saat ini, e-learning semakin berkembang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, sehingga siapapun yang membutuhkannya dapat mengakses darimanapun ia berada. Akan tetapi mayoritas e-learning saat ini tidak mampu menarik perhatian dan minat dari penggunanya. Konsep gamification akan terapkan ke dalam e-learning tenses bahasa Inggris agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.Perancangan gamified system ini akan menggunakan Marczewski’s Gamification Framework. Framework yang memiliki user types dengan kebutuhan pembelajaran dan pengembangan diri. Game mechanics pada user types ini seperti levels, challenges, dan rewards dapat mendukung pengguna gamified system dalam mencapai goals. Pengujian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan dalam penerapan framework Marczewski terhadap kebutuhan fungsional pengguna. Kata Kunci : tenses, gamification, Marczewski’s Gamification Framework

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

st

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA diterbitkan oleh LPPM STMIK Pontianak dan IndoCEISS. Frekuensi Terbit Tengah Tahunan (2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli). Topik yang akan dipublikasikan oleh jurnal SISFOTENIKA berhubungan dengan teknologi informasi, komunikasi dan komputer yang berbentuk ...