ANALITIKA
Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PEER GROUP TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING

Irawani, Nurmaida ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area)
br. Tarigan, Rahmawati ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area)
Milfayetty, Sri ( Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap efikasi diri dan self-regulated learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 16 orang mahasiswatingkat II di Akademi Kebidanan (Akbid) Helvetia Medan yang mempunyai tingkat efikasi diri dan self-regulated learningyang tergolong rendah. Untuk memperoleh data mengenai efikasi diri dan self-regulated learning digunakan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri dan self-regulated learning siswa di Akbid Helvetia Medan.

Copyrights © 2015