AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 5, No 2 (2015): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

MANAJEMEN MUTU LAYANAN KONSELING: Studi Kasus Layanan Konseling di MAN 1 Kota MetroMANAJEMEN MUTU LAYANAN KONSELING: Studi Kasus Layanan Konseling di MAN 1 Kota Metro

SUBANDI, SUBANDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di Indonesia belum menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berdaya saing tinggi. Pendidikan belum berhasil menciptakan manusia Indonesia yang cerdas secara spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan kinestetik. Padahal kecerdasan merupakan sumber daya vital bagi suatu bangsa.  Dari persoalan di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang manajemen mutu layanan Konseling sebagai upaya untuk mengaplikasikan konsep manajemen mutu layanan sehingga madrasah mampu meningkatkan mutu layanan bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Metro pada tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu layanan konseling meliputi, (i) melakukan pendataan melalui tes dan non tes, (ii) melakukan layanan informasi, layanan  kelompok dan individu, layanan belajar, layanan konsultasi, layanan konferensi dan layanan kerja dan layanan home visit, (iii) melakukan pemecahan masalah peserta didik yang terkait dengan pemecahan masalah pendidikan, dan (iv) melakukan bimbingan pendidikan.  Kata kunci:  layanan konseling, kecerdasan  spiritual, emosional, sosial, dan kinestetik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...