Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 5, No 1 (2015): Madaniyah (Edisi Januari 2015)

Metode Penemuan Terbimbing (Guide Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Tekanan

., Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2016

Abstract

Banyaknya konsep dan rumus tekanan yang harus dikuasai siswa pada Mata Pelajaran IPA sangat memberatkan peserta didik bilamana proses pembelajaran hanya menerima materi, mencatat dan menghapalkan rumus  rumus beserta lambang besarannya. Hal ini mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep pada diri siswa, sehingga mendorong dan memacu guru untuk memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing (Guided discovery). Hasil penelitian dengan metode tersebut menunjukkan ada peningkatan prestasi, dari 38 siswa kelas VIIIB pada keadaan awal yang mampu memperoleh nilai lebih dari KKM sebanyak 17 siswa atau dengan ketercapaian 44,7%, pada siklus I sebanyak 24 siswa atau memperoleh ketercapaian 63,2% dan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau memperoleh ketercapaian hasil belajar 81,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing (Guided discovery) dapat meningkatkan hasil belajar konsep tekanan pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Ampelgading tahun pelajaran 2013/2014

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...