Abstract: This study aims to improve students motivation in learningIndonesian language with the use of real media. The research methodused was Classroom Action Research (CAR)and it consists of two cycles.The results of this study showed an increase in student learningmotivation that was shown by the average scoreon the first cycle thatreached 40% and achieved 95%on the second cycle. In conclusion, it canbe seen that the increment from cycle I to cycle II is equal to 55%.Keywords: learning motivation, real media, learning indonesianlanguage.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatanmotivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia denganpenggunaan media nyata. Metode penelitian ini menggunakan PenelitianTindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalahmetode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Hasilpenelitian ini menunjukan peningkatan motivasi belajar siswa yangditunjukan dengan nilai rata-rata pada siklus I adalah 40% dan pada siklusII 95% sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah sebesar55%.Kata kunci: motivasi belajar, media nyata, pembelajaran bahasaindonesia.
Copyrights © 2015