Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama

Model Integrasi Nilai-Nilai Cinta Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Upaya Pembentukan Sikap Kebersamaan

Sada, Clary (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2013

Abstract

Abstrak:  Salah satu pilar pendidikan yang digagas oleh UNESCO (sebuah lembaga PBB)  adalah learn to live together. Makna learn to live together dapat disepadankan dengan hidup dalam kebersamaan. Makna tersebut memiliki implikasi yang luas dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Warga negara harus mampu menciptakan kerukunan dan keharmonisan dalam pergaulan dan kehidupannya meskipun kita adalah negara yang multi-etnis, multikultural, multi-keyakinan dan latar sosial yang beragam. Keragaman atau kemajemukan tersebut, jika tidak dikelola secara baik dan arif akan menimbulkan berbagai ekses yang negatif. Dalam kontek ini, salah satu solusi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk mengatasi keragaman tersebut adalah mengintegrasikan nilai-nilai cinta (love values) pada pembelajaran Bahasa Inggris. Nilai-nilai cinta dapat menjadi perekat bagi terciptanya kehidupan yang rukun, harmonis dan damai. Hasil studi ini adalah suatu pengembangan model integrasi nilai-nilai cinta pada pembelajaran bahasa untuk membentuk sikap kebersamaan. Kata kunci: love values, learn to live together 

Copyrights © 2013