Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama

Konsepsi Siswa Mengenai Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar

Sugiatno, Sugiatno (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2013

Abstract

Abstrak: Soal cerita mengenai operasi hitung bilangan bulat ternyata cenderung sulit diserap siswa. Kesulitan ini antara lain disebabkan oleh konsepsinya yang belum sesuai dengan konsep soal cerita. Namun demikian ada klaim, tidak semua soal cerita menyulitkan mereka. Kesulitan siswa diduga tergantung pada konteks soal cerita yang diberikan. Karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkap konsepsi siswa yang mana cenderung sesuai dengan beberapa soal kontekstual operasi hitung bilangan bulat. Desain eksploratori digunakan untuk mengungkap konsepsi siswa tersebut. Sebanyak 58 siswa kelas V SDN 20 Pontianak yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat soal kontekstual yang bersifat: (1) personal; (2) sesuai dengan  kehidupan siswa di kelas; (3)  sesuai dengan kehidupan siswa di masyarakat;     (4)  sesuai dengan fenomena dan substansi secara saintifik atau berkaitan dengan matematika itu sendiri. Masing-masing sifat ini dapat mengungkap kecen-derungan konsepsi siswa yang sesuai dengan keempat konteks soal tersebut adalah 67%, 53%, 90%, dan 48%. Kata Kunci: konsepsi, kontekstual,  bilangan bulat

Copyrights © 2013