Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru  dalam implementasi  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar.Hipotesis penelitian ini adalah : (1)  terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (2) terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (3) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru.Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dengan menggunakan metode survey. Total populasi 105 orang guru dan pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi     = 53.909 + 0.692 X1, koefisien korelasi r13 = 0.713, dan p31 = 0.489.  (2) terdapat pengaruh langsung peranan Profesionalisme Guru (X2) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi   = 73.890 + 0.568 X2    koefisien korelasi r23 = 0.661, dan p32 = 0.341. (3) terdapat pengaruh langsung peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Profesionalisme Guru (X2) dengan persamaan regresi    2 = 43.815 + 0.742 X1,  koefisien korelasi r12 = 0.656  dan p21  = 0.656.  Kata-Kata Kunci: Kepemimpinan, Profesionalisme dan Implementasi KTSP SD
Copyrights © 2013