Metal Indonesia
Vol 38, No 2 (2016): Metal Indonesia

PERANCANGAN RANGKA KENDARAAN MESIN PEMANEN JAGUNG KOMBINASI TERHADAP FAKTOR KEAMANAN

Martin Doloksaribu (Balai Besar Logam dan Mesin Kementerian Perindustrian)
Sony Harbintoro (Balai Besar Logam dan Mesin Kementerian Perindustrian)
Agus Juniawan Khairi (Balai Besar Logam dan Mesin Kementerian Perindustrian)
Sina Jamilah (Balai Besar Logam dan Mesin Kementerian Perindustrian)



Article Info

Publish Date
31 May 2017

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan perancangan desain rangka untuk mesin kombinasi pemanen jagung tipe snapping roll-auger thresher. Desain melingkupi bentuk rangka, bentuk profil penyusun rangka dan ketebalan profil. Rangka didesain menggunakan profil kanal C, tubular dan hollow square bar dengan ketebalan 5 mm. Penilaian (scoring) dan simulasi dilakukan untuk menentukan desain rangka yang optimal. Penilaian kemudahan fabrikasi dianalisa secara kuantitatif. Simulasi pembebanan, berat sasis, dan safety factor dilakukan terhadap desain rangka. Analisa kuantitatif kemudahan fabrikasi memberikan nilai 7, 7 dan 10 terhadap bentuk profil kanal C, tubular dan squre. Analisa pada desain rangka dengan kanal C memberikan berat 107 kg, nilai beban maksimal yang diterima 46 MPa, deformasi maksimal 0,079 mm dan SF 5,43. Untuk tubular adalah 46 kg, 112 MPa, 0,492 mm dan SF 2,23. Untuk square adalah 76 kg, 55 MPa, 0,151 mm dan SF 4,55. Desain rangka dengan profil square section merupakan desain rangka dengan tingkat kemudahan fabrikasi paling baik dan memiliki perpaduan berat dan SF yang optimal.Kata kunci: mesin pemanen jagung kombinasi, desain rangka, profil, kemudahan fabrikasi, safety factor

Copyrights © 2016