This study was conducted to examine the effectiveness of group guidance with peer group technique to improve friendship-making ability among adolescents who live in an orphanage institution. An experimental method with one group pre-test and post-test design was used. Forty young female teenagers who lived in Khoiriyah Hasyim orphanage institution in Surabaya were involved in the experiment. The subjects were chosen based on the pre-survey data collected using a questionnaire that shows the lack of their abilities in making friendship. Data were analysed using t-test. The result suggested that group guidance with peer group technique can improves adolescentsâ friendship-making ability in the context of orphanage environments.Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pengaruh bim-bingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan kemampuan menjalin persahabatan di kalangan remaja yang tinggal di sebuah yayasan panti asuhan. Metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test digu-nakan. Empat puluh remaja perempuan di panti asuhan Khoiriyah Hasyim Surabaya dilibatkan dalam eksperimen tersebut. Partisipan penelitian dipilih berdasarkan data pra-survei yang dikumpulkan melalui angket yang menunjukkan kurangnya kemampuan mereka dalam menjalin persahabatan dalam kelompok sebaya. Data dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok bim-bingan dengan teknik peer group dapat meningkatkan persahabatan kemam-puan membuat remaja di  lingkungan panti asuhan.
Copyrights © 2012