Qanun Medika - Medical Journal Faculty of Medicine Muhammadiyah Surabaya
Vol 1, No 01 (2017)

Laporan Kasus Cutaneus Discoid Lupus Erythematosus

Sarah Yunara (Residen Penyakit Dalam Universitas Airlangga-RS dr.Sutomo Surabaya Departemen-SMF Ilmu Penyakit Dalam FK Unair-RSUD Dr.Soetomo)
Diah Rahmawati (Residen Penyakit Dalam Universitas Airlangga-RS dr.Sutomo Surabaya Departemen-SMF Ilmu Penyakit Dalam FK Unair-RSUD Dr.Soetomo)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2017

Abstract

Cutaneus Discoid Lupus Erythematosus (CDLE) merupakan penyakit autoimun sistemik dengan penyebab multifaktor, yang ditandai keterlibatan beberapa organ dan sistem oleh karena kelainan imunologi. Manifestasi klinis CDLE bervariasi dan melibatkan banyak organ baik beberapa organ berbeda maupun berkaitan selama periode penyakit berlangsung. Tujuan penulisan laporan kasus ini adalah untuk mengetahui gejala, tatalaksana terapi dan prognosa dari penyakit ini. Penatalaksanaan CDLE bertujuan untuk mencegah terbentuknya lesi baru dan progresivitas dari lesi yang sudah ada melalui edukasi terhadap pasien dan terapi lokal serta sistemik. Penderita dengan CDLE umumnya bersifat lebih jinak dibanding subtipe CLE lainnya. Laporan kasus ini membahas seorang pasien laki-laki, 41 tahun, dengan keluhan bercak merah yang awalnya di belakang telinga menjalar ke wajah dan menyebar ke kulit kepala, dada, punggung, dan sebagian lengan, serta perjalanan penyakitnya hingga pasien rawat jalan. (QM 2017;01:48-59)

Copyrights © 2017