JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 2 No 2 2017

Pengembangan Permainan Kolaboratif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Sekolah Dasar untuk Optimalisasi Pembentukan Karakter

Yuni Astuti (Universitas Bung Hatta)
Ali Mardius (Universitas Bung Hatta)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan kolaboratif yang untuk optimalisasi pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantititatif dengan pendekatan yaituexpost facto model kausal komparatif.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimental semu yang lebih spesifik yaitu one-group pretest-posttest designSampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah sebanyak 65 orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Instrument tes yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakanangket dengan skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan uji – t beda mean.Hasil analisis data ditemukan bahwa permainan kolaboratif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap optimalisasi pembentukan karaktersiswa di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dengan ditemukannya   thitung = 34,62 ttabel = 1,99. Nilai rata-rata tes awal diperoleh 139,55 dan tes akhir 209,83. Artinya terdapat peningkatan sebesar 70,28.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

penjas

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) adalah jurnal olahraga yang berlandasakan pendidikan. Memberikan informasi dalam berbagai lingkup isu-isu pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas ...