Abstrak - Pendidikan dan pelatihan Kewirausahaan (Entrepreneurship) merupakan salah satu mata kuliah yang memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan employment.ketenagakerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan entrepreneurship terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya dalam meningkatkan Industri Pariwisata. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifat verifikatif deskriptif yang didukung survey.Populasi utama penelitian adalah mahasiswa Amik BSI Tasikmalaya semester 1.Pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling.Alat analisis yang digunakan Uji Validitas,Uji realibilitas, Uji Asumsi Klasik,Uji t,Uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji t variabel Pendidikan Entrepreunership diperoleh nilai signifikansi sebesar 3,078 > 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima atau dengan kata lain Pendidikan Entrepreunership berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Amik BSI Tasikmalaya. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t untuk variabel Pelatihan Entrepreunership diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,474 > 0,05 maka Ho diterima Ha ditolak atau dengan kata lain Pelatihan Entrepreunership tidak berpengaruh terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Amik BSI Tasikmalaya. Berdasarkan hasil perhitungan R = 0,396 atau 39,60%, artinya antara Pendidikan Entrepreunership dan Pelatihan Entrepreunership dengan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa mempunyai hubungan sebesar 39,60%. Koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh adalah sebesar 0,156 yang berarti bahwa 15,60% variasi atau naik turunnya Motivasi Berwirausaha Mahasiswa pada Amik BSI Tasikmalaya dipengaruhi oleh Pendidikan Entrepreunership dan Pelatihan Entrepreunership Pengaruh secara simultan yaitu sebesar 6.678 atau nilai signifikansi < dari nilai α yaitu 0,002 < 0,05 artinya jika semakin baik kualitas pendidikan dan pelatihan enterepreunership yang dilakukan Amik BSI Tasikmalaya melalui adanya Pendidikan Entrepreunership dan Pelatihan Entrepreunership yang meningkat secara bersama-sama Motivasi Berwirausaha Mahasiswa akan dapat dikatakan baik atau sebaliknya.Kata kunci : Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Entrepreneurship,Motivasi Berwirausaha Mahasiswa. Abstract - Education and training Entrepreneurship is one of the subjects that have the ability to overcome the problems employment. The purpose of this research was to determine the influence of entrepreneurship education and training on students’ entrepreneurship motivation in Amik BSI Tasikmalaya in developing Tourism Industry. The research method using the quantitative methods of the study was supported survey.Tme main popolation are Amik BSI’Students in Tasikmalaya at 1st semester.This method of sampling is simple random sampling taken Sampling. Analysis tool used Test Validity, reliability test, Classical Assumption Test, t Test, Test F and the coefficient of determination. The results of hypothesis testing using t test for entrepreneurship education variable obtained significance value of 3.078> 0.05 then Ho is rejected Ha is accepted or in other words a significant effect on entrepreneurship education Students’ Entrepreneurship Motivation in Amik BSI Tasikmalaya. The results of hypothesis testing using t-test for entrepreneurship training variable obtained significance value of 0.474 > 0.05 then Ho is accepted Ha rejected or in other words, entrepreneurship training has no effect on Students’ Entrepreneurship Motivation at Amik BSI Tasikmalaya. Based on the calculation of R = 0.396 or 39.60%, meaning that between entrepreneurship education and training with motivation entrepreneurship Entrepreneurship Students have relationships at 39.60%. The coefficient of determination (R Square) obtained amounted to 0.156, which means that 15.60% variation or fluctuation students entrepreneurship motivation at Amik BSI Tasikmalaya influenced by entrepreneurship education and entrepreneurship training. Simultaneously influence is equal to 6,678 obtained significance value <α value is 0.002 <0.05 means that if the better the quality of education and training undertaken enterepreunership Amik BSI Tasikmalaya through the presence of entrepreneurship education and entrepreneurship training increased together students’ entrepreneurship motivation will be able to say good or vice versa.Keywords: The influence of Entrepreneurship Education and Training, Students’ Entrepreneurship Motivation.
Copyrights © 2017