Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi dunia tumbuhan kelas X IPA SMA Negeri 13 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 13 Palembang tahun ajaran 2016/2017 (n=40). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan soal tes berbentuk pilihan ganda (40 soal). Analisis data untuk uji normalitas menggunakan aplikasi SPSS 15 uji Shapiro-Wilk, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 15 melalui uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang dengan nilai n-gain = 0,59. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Palembang pada materi dunia tumbuhan.
Copyrights © 2021