Jurnal Sains dan Teknologi Pangan
Vol 2, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI PANGAN

PENGARUH KONSENTRASI Κ-KARAGENAN TERHADAP PENILAIAN ORGANOLEPTIK PRODUK VEGETABLE LEATHER DARI DAUN KELOR (Moringa Oleifera L.)

Rianse, Muhammad iqbal (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Sadimantara, Muhammad Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Vegetable Leather adalah produk olahan yang berasal dari sayuran yang dihancurkan dan dikeringkan, Prinsippembuatan vegetable leather memiliki banyak kemiripan dengan nori.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuipengaruh konsentrasi kappa karagenan terhadap karakteristik organoleptik produk vegetable leather. Penelitian inimenggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan taraf konsentrasi karagenan 1,00%; 1,25%; 1,50%; 1,75%; 2,00%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi karagenan 1,00% vegetable leather merupakan perlakuan yangpaling disukai panelis dengan skor penilaian kesukaan terhadap warna sebesar 3.23 (suka), tekstur sebesar 3,45 (suka),aroma sebesar 3,08 (suka) dan rasa sebesar 3,37 (suka). Sehingga dapat disimpulkan produk vegetable leather daun kelorberpotensi untuk dikembangkan secara komersial.  Kata kunci: K-Karagenan, nori, vegetable leather.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jstp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI PANGAN (JSTP) (e-ISSN: 2527-6271) merupakan "Open Acess Publications" yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, dengan fokus dan ruang lingkup berupa: Teknologi Pengolahan pangan, bioteknologi pangan, keamanan ...