Jurnal Sains dan Teknologi Pangan
Vol 2, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI PANGAN

PENGARUH PENAMBAHAN CMC (Carboxy Methyl Cellulose) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK, NILAI GIZI DAN SIFAT FISIK SUSU KETAPANG (Terminallia catappaL.)

Sumarni, Sitti (Unknown)
Muzakkar, Muhammad Zakir (Unknown)
tamrin, tamrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari pengaruh penambahan CMC (Carboxy MethylCellulose)terhadap karakteristik organoleptik susu biji ketapang dan menghitung nilai gizinya. Penelitian ini menggunakanRancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas penambahan CMC dengan konsentrasi yang berbeda di antaranyayaitu 0%, 0.4%, 0.8%, 1.2%. Data dianalisis menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan apabila berpengaruhnyata terhadap variabel pengamatan, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada tarafkepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan CMC berpengaruh sangat nyataterhadap uji organoleptik tekstur, protein dan glukosa, tetapi berpengaruh  tidak nyata terhadap organoleptik rasa,aroma, warna dan lemak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penambahan CMC 0.4%merupakan perlakuan terbaik pada pembuatan susu ketapang.  Kata Kunci: carboxy methyl cellulose, ketapang, susu.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jstp

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI PANGAN (JSTP) (e-ISSN: 2527-6271) merupakan "Open Acess Publications" yang diterbitkan oleh Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, dengan fokus dan ruang lingkup berupa: Teknologi Pengolahan pangan, bioteknologi pangan, keamanan ...