Intuisi
Vol 4, No 1 (2012): Maret 2012

PENERAPAN PENDEKATAN KONSELING REALITA UNTUK MENGATASI LEARNED HELPLESSNESS (SUATU STUDI EMBEDDED EXPERIMENTAL MODEL PADA MAHASISWA)

Mulawarman, Mulawarman (Unknown)
Sunawan, Sunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penurunan tingkat learned helplessness sebagai hasil dari penerapan pendekatan konseling Realita pada mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan desain Embedded Experimental. Desain ini dapat diwujudkan melalui pemerolehan data yang bersifat kualitatif yang disertakan dalam desain eksperimental. Penelitian ini menggunakan 2 mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES sebagai subjek Penelitian yang didasarkan pada hasil seleksi subjek dengan teknik sampling purposif. Hasil penelitian ini dilihat dari hasil secara kuantitatif ditemukan bahwa konseling realita dapat menurunkan tingkat learned helplessness tidak signifikan (Z = -1,342, p (one tail) = 0,09). Meskipun rerata setelah dan sebelum konseling menunjukkan adanya penurunan tingkat learned helplessness, tetapi penurunan tersebut tidak signifikan. Pada uji hipotesa kualitatif menggunakan analisis percakapan dapat ditemukan juga bahwa perubahan terjadi pada sisi tuturan atau wicara konseli dan keinginan konseli maupun tindakan konseli untuk berusaha membuat penyelesaian (solusi) atas masalah learned helplessness. Meski ada perubahan namum perubahan yang dilakukan belum direncanakan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan masing-masing konseli

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

INTUISI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah is the scientific publication media to accommodate ideas and innovation research results of psychology academicians and other experts who are interested in the field of Psychology. Vision intuition is to encourage the development of science-based psychology, ...