Proceeding SENDI_U
2016: SENDI_U

TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI SISTEM M-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN PADA TINGKAT SMA

Hari, Yulius (Unknown)
., Darmanto (Unknown)
Yanggah, Minny Elisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2016

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa resmi yang diakui oleh PBB. Di Indonesia,kebutuhan akan kemampuan bahasa ini juga mulai terlihat. Struktur kurikulum 2013 saat ini,dalam kelompok peminatan bahasanya, mata pelajaran bahasa mandarin sebagai salah satualternatif pilihannya. Sementara itu permasalahan utama dari pembelajaran bahasa ini selainpada terbatasnya sumber daya guru, kesulitan intonasi dan pelafalan Mandarin juga menjadikankesalahan umum dalam pembelajaran bahasa ini. Dengan perkembangan teknologi saat ini sudahtersedia system pembelajaran berbasis Mobile Learning (M-Learning) yang mampu mengatasijembatan kesulitan bahasa tersebut, namun sejauh manakah system ini mampu diadaptasi olehpengguna terutama dalam tingkat pendidikan formal disekolah masih terus dipertanyakan.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dimana mencoba untuk menggali dan mengkajipemanfaatan system mobile learning guna menunjang proses pembelajaran bahasa Mandarin.Dalam hal ini, pengaruh aspek kemanfaatan dari system mobile learning diukur menggunakanpendekatan tingkat adopsi inovasi teknologi yang digunakan oleh para pembelajar baik gurumaupun siswa pada tingkat pendidikan SMA. Sebagai sample dalam penelitian ini, diujicobakanpada siswa SMA di Surabaya dan juga guru pada sekolah tersebut yang telah menerapkan sistempembelajaran ini. Hasil dari feedback dikumpulkan dalam bentuk kuisioner dalam skala likert,yang kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis data denganpendekatan model persamaan struktural (structural equation modeling).

Copyrights © 2016