Semantik : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 1 (2015): Volume 4 Number 1, February 2015

ANALISIS EVALUATIF SOAL UJIAN SEKOLAH BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA TINGKAT UNGGUL SEKOLAH MENENGAH

Siti Hamidah (Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis evaluatif butirsoal yang digunakan pada Ujian Sekolah Bidang Studi Bahasa Indonesia TingkatUnggul Sekolah Menengah Kejuruan Kota Bandung Tahun Pelajaran 2011/2012.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan teknik dokumentasi. Datapenelitian berupa instrumen soal dan lembar jawaban siswa, analisis data dilakukandengan menelaah butir soal secara kuantitatif berdasarkan tingkat validitas,reliabilitas, serta tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan tingkat pengecohsoal berdasarkan kekhususan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan soal belummemenuhi aspek validitas atau memiliki tingkat validitas rendah, tetapi tingkatkoefisien reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal menunjukkan dominasi soal berkategori mudah pada sekolah teknik dan nonteknik, akan tetapi tingkat kesukaran sangat dipengaruhi oleh pengelompokkan sekolah berdasarkan rumpun teknik dan nonteknik, banyak soal berkategori mudah ini mengakibatkan tingkat daya pembeda soal rendah dan tingkat butir pengecoh kurang efektif. Dengan demikian penyusun soal US baiknya menyusun soal ujian sekolah dengan tingkat kesulitan soal lebih tinggi dengan mempertimbangkan kesesuaian rumpun sekolah.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

semantik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Focus Semantik journal is a medium for disseminating the result of research about language, literature, and language and literature education in Indonesia. Scope Semantik journal publishes the research article in language, literature, language and literature education in ...