An - Nisa`
Vol 5 No 2 (2012)

Analysis Of Preferences Learning Style and Gender Identity in Language Learning

Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2012

Abstract

Abstrak: Pembelajaran bahasa kedua maupun bahasa asing merupakan suatu kegiatan khusus berproses dan kompleks dimana seseorang akan berjuang melampaui batasan-batasan bahasa pertama yang telah terlebih dahulu diperoleh dan berusaha menggapai sebuah bahasa baru, budayaa baru, dan cara baru dalam berfikir, merasakan dan bertindak. Seseorang instruktur atau seorang guru bahaa perlu mengetahui karakteristik dari setiap siswanya sehingga transfer ilmu dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Karakter tersebut dapat terlihat pada perbedaan gender perbedaan gaya belajar setiap siswa. Terdapat tiga gaya belajar dalam kajian ini, yakni gaya belajar visual, auditory, dan kinesthetic. Gaya belajar visual menitik beratkan pada ketajaman penglihatan, gaya belajar auditory mengandalkan pendengaran untuk memahami dan mengingat materi pembelajaran, sedangkan gaya belajar auditory mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bias mengingatnya. Dari hasil kajian mengenai perbedaan gender dan gaya belajar dalam proses pembelajaran bahasa terdapat perbedaan yang signifikan antara pebelajar pria dan wanita.

Copyrights © 2012