An - Nisa`
Vol 7 No 2 (2014)

Cooperative Learning: Metode Pembelajaran Inklusif Gender

hasim, sarifa suhra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2014

Abstract

Abstrak: Tulisan ini mengkaji tentang metode cooperative learning sebagai sebuah metode inklusif gender. Dengan menelusuri berbagai referensi baik melalui buku maupun sumber lainnya menggunakan kartu kutipan, maka diketahuilah bahwa pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dimaksudkan sebagai upaya keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar dikelas misalnya dengan menggunakan metode diskusi, demonstrasi, dll. Metode diskusi member kesempatan kepada peserta didik untuk dapat belajar bersama berkolaborasi mencapai tujuan kelompok. Metode ini relevan menerapkan pembelajaran inklusif gender yang menekankan pada perencanaan pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip-prinsip kesetaraan gender dan memastikan tidak adanya diskriminasi gender dalam berbagai bentuknya.Dalam menerapkan metode cooperative learning yang inklusif gender yang pertama dan utama haruslah guru yang hendak mengajarkan materi pelajaran tersebut sebagai guru yang sensitive gender maksudnya guru yang memiliki kepekaan bahwa gender merupakan konstruksi social yang dapat menimbulkan ketidaksetaraan akses, partisipasi, keterlibatan dalam pengambilan keputusan dan kemampuan untuk mengambil manfaat dari hasil belajar, dan dapat melahirkan ketidakadilan/diskriminasi.

Copyrights © 2014