An - Nisa`
Vol 9 No 1 (2016)

ASPEK GENDER DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

sarifa suhra, sarifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2016

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Aspek Gender dalam penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togethter (NHT). Pemilihan judul ini didasari asumsi bahwa peningkatan hasil belajar siswa tidak lepas dari proses belajar mengajar yang salah satu komponennya adalah penggunaan metode pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethter (NHT) mengandung arti bahwa untuk melibatkan siswa dalam menelah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran, guru mengajukan  pertanyaan kepada siswa di kelas. Teknik ini memberikan kesempatan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan baru, baik dalam aspek pengetahuan berbicara, Sikap, maupun keterampilan psikomotorik siswa. Aktivitas pembelajaran dilakukan dalam kegiatan kelompok kecil yang setiap anggotanya diberi nomor dan setiap orang bertanggungjawab atas proses belajar dan saling tukar pikiran dalam mempertimbangkan jawaban yang benar, memecahkan masalah serta berprestasi di antara kelompoknya. Selain itu juga dapat melatih siswa untuk bersosialisas  dengan baik, sehingga berpengaruh positif pada hubungan dan sikap terhadap siswa yang terlambat secara akademik

Copyrights © 2016