Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran penggunaan kegiatan membuat pola busana pada materi operasi bilangan rasional. Pada materi ini, menuntut peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan operasi bilangan rasional secara kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Palembang yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan adalah desain research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preliminary, desain experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan analysis representative. Penelitian ini mengembangkan hasil pembelajaran operasi bilangan rasional dengan menunjukkan aktivitas dan prosedur serta strategi peserta didik dalam menemukan ide atau strategi pada operasi bilangan rasional. Pada bagian ini, akan dibahas penggunaan pola busana sebagai starting point pembelajaran pola bilangan dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai pendekatan yang mendukung aktivitas dari penggunaan konteks tersebut. Selain itu, perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) melalui aktivitas, dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, rekaman video, foto dan lembar aktivitas peserta didik.
Copyrights © 2012