Aceh besar memiliki ciri khas wisata alam yang beragam. Dalam memilih tempat wisata tentu sangat tidaklah mudah selain faktor jarak, biaya, transportasi dan jumlah aggota keluarga juga perlu dipertimbagkan supaya pemilihan tempat wisata yang dikunjungi oleh masyarakat sesuai dengan keinginannya dan keuangan. Perancangan aplikasi yang akan dibangun bertujuan untuk pengambilan keputusan para wisatawan yang hendak bepergian ke lokasi wisata pantai berdasarkan kriteria yang dapat dipilih berupa jarak, biaya, waktu, transportasi dan keamanan. Manfaat yang diperoleh dapat memberikan informasi tempat wisata yang akurat serta memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam memilih lokasi wisata. Penelitian ini menggunakan penggabungan dari tiga metode dalam proses analisisnya yaitu TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution), Logika Fuzzy, dan MCDM (Multiple Criteria Decision Making). Sedangkan model pengembangan perangkat lunak menggunakan model waterfall. Hasil yang diperoleh bahwa Aplikasi sistem pengambilan keputusan dengan menggunakan fuzzy TOPSIS MCDM dalam pemilihan tempat wisata berbasis web di Aceh Besar mampu memberikan rekomendasi pilihan sesuai dengan kriteria yang diinginkan pengunjung dan dapat memberikan urutan atau perangkingan prioritas dengan nilai terbesar diantara loksai wisata yang lainnya. Dapat membantu pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Besar.
Copyrights © 2018