Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
Vol 4, No 1 (2018): Februari

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN LAPISAN PERMUKAAN BUMI BERBASIS 3D

M. Afdal (Unknown)
Muhammad Irsyad (Unknown)
Febi Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2018

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi pada bahan ajar untuk siswa dinilai sangat membantu dalam memberikan materi pelajaran geografi lapisan permukaan bumi yang bersifat abstrak, karena perangkat ajar berbasis multimedia dapat mendukung sistem pembelajaran di sekolah yang cenderung mengunakan metode ceramah (konvensional). Untuk mempermudah pemahaman dalam materi lapisan permukaan bumi tersebut, dirancang sebuah Buku ARLitosfer yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Selain mampu menggabungkan objek virtual dengan realita sebenarnya, teknologi AR memungkinkan pengguna melakukan interaksi 3 dimensi secara langsung sehingga lebih mampu memberikan kesan tersendiri pada pengguna. Buku ARLitosfer merupakan buku fisik biasa, namun dalam beberapa halamannya terdapat marker yang digunakan untuk objek virtual yang ingin ditampilkan berupa objek 3D, kemudian ditambahkan dalam penggabungan animasi, audio dan video pada interface multimedia pembelajaran. Telah dilakukan pengujian terhadap sejumlah responden untuk mengetahui ketepatan dalam materi dan kemudahan dalam pengunaan aplikasi ARLitosfer ini, hasilnya 81.87% presentase yang diinterpretasikan dalam kategori sangat setuju diberikan oleh guru bidang studi geografi dan 76.25% presentase yang diinterpretasikan dalam kategori sangat setuju diberikan oleh siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RMSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Other

Description

Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all ...