Suska Journal of Mathematics Education
Vol 2, No 1 (2016)

KAJIAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL AKTIF KNOWLEDGE SHARING DAN TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENDUKUNG ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA DI PROPINSI RIAU

Zulkifli M. Nuh (Mathematics Education Departement Universitas Islam Negeri Sultan Syarif KAsim Riau)
Musa Thahir (Mathematics Education Departement Universitas Islam Negeri Sultan Syarif KAsim Riau)
Khusnal Marzuqo (Mathematics Education Departement Universitas Islam Negeri Sultan Syarif KAsim Riau)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2016

Abstract

Pemanfatan terhadap teknologi internet untuk pembelajaran di Indonesia sudah dimulai pada tahun 1996. Kondisi tersebut, kemudian disikapi oleh Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Mandikdasmen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dengan menerapkan proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada siswa SMP.  Bahkan pada tahun 2009 telah tersambung 18000 sambungan internet tercapai pada 27 Desember 2009.  Akan tetapi, berdasarkan hasil penelitian Heru Suhartanto pada tahun 2009 pada sekolah-sekolah di Provinsi Riau, bahwa perkembangan Learning Management System (misalnya Moodle) dan situs tersebut mempunyai lebih dari sepuluh mata pelajaran yang dipraktekkan namun hanya ada satu sekolah yang memanfaatkan perkembangan tersebut.

Copyrights © 2016