Pendidikan karakter sendiri merupakan usaha untuk mendidik anak agar mereka dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Lemahnya karakter bangsa Indonesia dapat disaksikan di lingkungan sekitar. Budaya korupsi, nepotisme, kolusi, hilangnya rasa malu, maraknya ketidak jujuran, dan pelemahan potensi anak bangsa. Salah satu strategi pendidik dalam hal ini orang tua, guru, dan orang dewasa disekitar anak, untuk menanamkan nilai moral yang sesuai dengan nilai sosial yaitu dengan menggunakan cerita. Dalam pengembangan buku cerita ini, pengembang menggunakan model desain pengembangan Borg & Gall. Pengembangan ini menghasilkan buku cerita untuk siswa kelas 1 MI Al-Hidayah Sidoarjo. Produk pengembangan ini diujicobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni (1) validasi ahli materi, (2) validasi ahli media, (3) validasi menurut guru, (4) uji coba lapangan. Tanggapan penilaian ahli materi terhadap buku cerita berbasis karakter islami adalah 82 % dengan kualifikasi baik. Tanggapan penilaian ahli media terhadap buku cerita berbasis karakter islami adalah 86 % dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan penilaian ahli pembelajaran terhadap buku cerita berbasis karakter islami adalah 98 % dengan kualifikasi sangat baik. Tanggapan penilaian uji coba lapangan terhadap buku cerita berbasis karakter islami adalah 88 % dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, penggunaan buku cerita ini dapat membantu meningkatkan keefektifan dan kemenarikan pembelajaran dan membantu mempermudah siswa dalam membentuk karakter islami.
Copyrights © 2016