JIP: Jurnal Ilmiah PGMI
Vol 2 No 2 (2016): JIP (Jurnal Ilmiah PGMI)

Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Organisasi (PKN) Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang

Eka Kurnia Sari (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)
Nurlaeli Nurlaeli (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2017

Abstract

Penerapan metode pembelajaran secara tepat dan bervariasi mempunyai peran penting dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran. Betapapun baiknya kurikulum itu direncanakan di atas kertas, bila pelaksanaan dan pemilihan metode pembelajaran tidak tepat atau sesuai prosedur tertentu, maka tujuan dari pembelajaran itu sendiri tidak akan tercapai sepenuhnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang? Bagaimana keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang? Apakah ada pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang?                                                                                                                   Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 orang yaitu kelas V yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang telah diperoleh dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis dengan statistik mean, standar deviasi, TSR, distribusi frekuensi, dan tes ”t”.Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, kemudian diperoleh fakta bahwa penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi dalam kategori sedang yaitu sebesar 55,55 %. Keaktifan belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi organisasi di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Setelah dianalisa dengan mean, standar deviasi, TSR dan distribusi frekuensi dalam kategori tinggi yaitu sebesar 46,67 %, sedang sebesar 42,22 %, dan rendah sebesar 11,11 %. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keaktifan belajar siswa pada materi organisasi dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V di Madrasah Daarul Aitam Palembang dengan nilai to sebesar 3,40, atau 2,02 < 3,40 > 2,69.  Dengan demikian nilai to lebih besar dari nilai tt baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 %. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini fokus dalam kajian hasil penelitian pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, kemudian jurnal ini juga menerima artikel kajian/analisis yang berkaitan dengan anak madrasah ibtidaiyah atau sekolah ...