Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Benefit : Kumpulan Makalah Diskusi Dosen FE UMS Volume 15 No 1 Juni 2011

Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Keputusan Pasien Berobat Rawat Inap di Rsud Moewardi Jebres

Irmawati, Irmawati (Unknown)
Kurniasari, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2012

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan jasa dengan keputusan pasien berobat rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Dugaan awal yang dikemukakan pada penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dengan keputusan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi. Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Begitu juga sebaliknya, semakin buruk kualitas pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit, maka semakin rendah tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien.Subjek dalam penelitian ini merupakan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi yang berjumlah 100 orang. Data responden diperoleh dengan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pasien dan dianalisis dengan pengujian validitas dengan menggunakan metode Pearson Product Moment, pengujian reliabilitas dengan metode Alpha Cronbach. Alat pengujian yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah alat uji yang dapat menguji ada tidaknya perbedaan rata-rata antara empat kelompok sampel yang saling independen terhadsap suatu variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji Anova atau F-test menghasilkan nilai f hitung sebesar 4.532 dengan tingkat signifikansi 0,005. Karena probabilitas signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan pasien atau dapat dikatakan kualitas pelayanan, tempat, dan harga secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Dari hasil penghitungan menggunakan SPSS 13 menunjukkan besarnya nilai koefisien determinasi r2 = 0,124. Hal ini berarti 12,4% variansi kepuasan pasien yang dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, tempat, dan harga. Sedangkan sisanya (100% - 12,4% = 87,6%) dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a peer-reviewed journal published by Department of Management, Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Surakarta, covering a variety of topics in economics, management, business and ...