Prosiding Teknologi Pendidikan


Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Aisah, Aisah (Unknown)
Suryani, Nunuk (Unknown)
Fadilah, Siti Sutarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2017

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PPKn melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pada peserta didik kelas VII.4 Semester I SMP Negeri 3 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Setiap sikus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah content validity yaitu validitas isi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PPKn. Kata kunci: motivasi; prestasi belajar PPKn; Problem Based Learning (PBL)

Copyrights © 0000