Jurnal Al-Iqtishad
Vol 13, No 1 (2017): Juni 2017

ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN (DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN DIVIDEND YIELD) TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Kelompok LQ45 yang terdaftar di BEI)

Andri Novius (Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebijakan dividen (dividend payout ratio dan dividend yield) terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2011-2014.Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dengan populasi 45 perusahaan. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebanyak 10 perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dan determinasi (R2).Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan dividend payout ratio dan devidend yield berpengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh volatilitas harga saham sebesar 20,7% sedangkan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Secara parsial dividend payout ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham. Sedangkan dividend yield memiliki pengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

al-iqtishad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal AL-IQTISHAD Print ISSN:0216-2547 | Online ISSN 2656-8489 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Artikel yang dipublikasi JURNAL AL-IQTISHAD meliputi hasil penelitian tentang masalah-masalah ekonomi, kebijakan ...