Jurnal Geosaintek
Vol 4, No 1 (2018)

Identifikasi Arah Persebaran Sedimentasi Menggunakan Analisis Mikrotremor Studi Kasus Kawasan Sumur Tua Kecamatan Wringinanom, Gresik

Putra P fikri Muhammad (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Nizar Riyantiyo (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Muhammad Noor (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Dwa Desa Warnana (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Firman Syaifuddin (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Wien Lestari (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
Juan Pandu Gya Nur Rochman (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
anik hilyah (Departemen Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Sipil Lingkungan dan kebumian (FTSLK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Jawa timur bagian utara merupakan daerah prospek dalam industri Minyak dan Gas Bumi. Sebagai zona RMKS (Rembang, Madura, Kangean, dan Subala). Cekungan Jawa Timur utara memiliki kerangka geologi didominasi oleh graben, half-graben, dan sesar lain akibat fase rifting pada periode ekstensional  zaman  Paleogen  dan  arah  sedimentasi  berawal  sisi  utara  cekungan,  seiring  terbentuknya gunung api hasil subduksi lempeng dibagian selatan maka sedimen terendapkan dari bagian selatan cekungan. Secara regional terdapat potensi reservoar yang terbentuk dari batuan pasir dan karbonat. Berlatarbelakang sumur tua yang terletak di desa Sumberwaru, Kecamatan Wringinanom, Gresik. Indikasi awal daerah tersebut memiliki petroleum system sehingga, penelitian bertujuan mengidentifikasi arah persebaran sedimen dalam tinjauan awal eksplorasi kembali pada daerah tersebut. Data yang digunakan adalah data primer pengukuran metode mikrotremor berdimensi 36.000 m2  (122 titik)  selama 6 hari, dengan frekuensi natural 4-8 Hz.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

geosaintek

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal GEOSAINTEK adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITS dan Departemen Teknik Geofisika ITS. Terbit pada bulan Januari-April, Mei-Agustus, dan Septermber-Desember pada setip tahunnya. Jurnal Goeaintek mempublikasi dan menerbitkan hasil ...