Jurnal EduBio Tropika
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal EduBio Tropika

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI LIMBAH SISWA SMK NEGERI 1 SABANG

Nuraini Nuraini (Unknown)
Hafnati Rahmatan (Unknown)
M Ali Sarong (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep, menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional pada materi limbah di SMK Negeri 1 Sabang. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desainPretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Sabang. Sampel penelitian berjumlah 40 peserta didik yang terdiri dari kelas eksperimen dankelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data pemahaman konsep dihitung dengan gain ternormalisasi (N-gain). Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelaskontrol dianalisis dengan independent sample t-test dan Mann Witney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata pemahaman konsep antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...