cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal EduBio Tropika
ISSN : 23392649     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation.
Arjuna Subject : -
Articles 120 Documents
PEMANFAATAN MEDIA VIDEO ANIMASI SISTEM GERAK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA Rizkina Manik; Muhibbuddin Muhibbuddin; Khairil Khairil
Jurnal Edubio Tropika Vol 4, No 1 (2016): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.954 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaaatan media video sistem gerak terhadap pemahaman konsep siswa SMAN 1 Sakti Pidie. Design penelitian yang digunakan adalah pretest–posttest control group design. Pada kelas eksperimen menggunakan media video animasi dankelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan Uji (t test). Hasilnya diperolehnilai thitung 2,03, sedangkan ttabel yaitu 2,01 (α 0,05). Hal ini menunjukkan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda nyata (signifikan).
PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN EMBRIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PERKULIAHAN PERKEMBANGAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDA ACEH Rufa Hera; Khairil Khairil; Hasanuddin Hasanuddin
Jurnal Edubio Tropika Vol 2, No 2 (2014): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.261 KB)

Abstract

Rendahnya minat mahasiswa menelaah sumber belajar berdampak pada penguasaan konsep yang rendah. Pengembangan bahan ajar yang tepat dengan penyajian konsep yang runut dan fokus, bahasa yang komunikatif, serta desain grafis yang menarik penting dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan handout embriologi berbasis kontekstual, menjaring kelayakan handout dengan melihat validasi tim ahli, respon dosen dan tanggapan mahasiswa, serta melihat persentase peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan adanya penggunaan handout dalam perkuliahan. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Bulan Juli 2014. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Three D (3D) yang diadaptasi dari model pengembangan Bahan Ajar Four D (4D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout embriologi berbasis kontekstual memenuhi kriteria validasi sangat baik dengan persentase validasi 89,73% dan masuk ke dalam kategori kelayakan sangat layak dengan persentase kelayakan 87,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan handout pada perkuliahan Perkembangan Hewan di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa berkisar antara 66% sampai 83%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN Sonja V.T. Lumowa; Yunita Dwi Kusumawati
Jurnal Edubio Tropika Vol 1, No 1 (2013): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.388 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Teams Game Tournament terhadap hasil belajar IPA-Biologi konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan pada siswa kelas VIII SMPN 6 Samarinda. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 10 kelas yaitu dari kelas VIII1 sampai dengan kelas VIII10. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII1 dan VIII4 sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII2 sebagai kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen TGT (VIII1), 30 siswa untuk kelas eksperimen TAI (VIII4) dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Anakova dengan perhitungan SPSS Versi 20.0 dan secara manual. Data hasil perhitungan perbedaan ratarata kelompok menunjukkan bahwa tiga kelompok tersebut diperoleh nilai FHitung sebesar 48,245, sedangkan FTabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (db) = 86 yaitu sebesar 2,70, maka dapat dikatakan bahwa FHitung FTabel berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Teams Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA-biologi Konsep Hama dan Penyakit Tumbuhan pada siswa kelas VIII SMPN 6 Samarinda.
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LKPD KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH Meini Meini; Hasanuddin Hasanuddin; Djufri Djufri
Jurnal Edubio Tropika Vol 5, No 1 (2017): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.638 KB)

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis LKPD konstruktivistik terhadap hasil belajar kognitif pada konsep makanan dan sistem pencernaan telah dilaksanakanpada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2015 di SMAN 12 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 12 Banda Aceh dengan sampel berjumlah 36 siswa. Parameter yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Uji hipotesis yangdigunakan adalah uji-t (Independent Sample t-Test) dan analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis LKPD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar37,2%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis LKPD konstruktivistik pada konsep makanan dan sistem pencernaan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif.
MODEL PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) MATA PELAJARAN IPA BERBASIS NILAI KARAKTER DI SMP KOTA TERNATE MALUKU UTARA Sundari Sundari
Jurnal Edubio Tropika Vol 2, No 1 (2014): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.841 KB)

Abstract

Pada sosialisasi dan pelaksanaan KTSP sejak tahun 2006, telah diterapkan konsep penilaian autentik yang didalamnya termasuk juga penilaian kinerja (Performance assesment) sebagai pilihan untuk dikembangkan oleh guru dalam menilai proses dan hasil belajar. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyarankan bahwa pembelajaran harus berorientasi pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa instrumen penilaian kinerja (Performance assessment) yang berbasis nilai karakter khususnya matapelajaran Sains di SMP kota Ternate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan model assesmen kinerja berbasis karakter diketahui valid dengan nilai total 85,7% maka secara umum produk pengembangan model assesmen kinerja berbasis karakter ini layak digunakan. Hasil revisi rubrik penilaian ini dapat digunakan sebagai alternative bagi guru untuk dikembangkan sebagai model penilaian autentik misalnya pada penilaian prosedur pengamatan dalam pelaksanaan praktikum.
PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNINGMELALUI MEDIA INTERAKTIF PADA KONSEP INDRA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL SIGLI Malia Safriani; Abdullah Abdullah; Khairil Khairil
Jurnal Edubio Tropika Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.584 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam belajar melalui media interaktif dengan pengembangan model pembelajaran discovery learning pada materi sistem indera manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei sampai dengan bulan juni 2014. Metode yang digunakan adalah metode one class eksperimen dengan menggunakan lembar observasi dan lembar unjuk kerja. Penelitian ini menggunakan kelas IPAA (n=31) sebagai kelas eksperimen. Penerapan model pembelajaran discovery learning dianalisis dengan menggunakan rubrik unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning meningkatkan kreativitas belajar siswa. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen, jadi terlihat siswa mengalami peningkatan kreativitas belajar menjadi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning melalui media interaktif dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.
PENGARUH PENAMBAHAN BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR KULTUR JARINGAN TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) S Fatmawati; Zairin Tomy; Djufri Djufri
Jurnal Edubio Tropika Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.932 KB)

Abstract

Penelitian mengenai “Pengaruh Penambahan Bahan Organik Terhadap Pertumbuhan Akar Kultur Jaringan Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.)” telah dilaksanakan di Laboratorium Biologi Sel danMolekuler Jurusan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh sejak bulan April hingga Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL Faktorial) yang terdiri dari 9 kombinasi perlakuan (jus tomat dengan konsentrasi 50x103 ppm dan 100x 103 ppm; jus pisang dengan konsentrasi 50x103 ppm dan 100x103 ppm) dengan 4 kali ulangan. Parameter dari penelitian ini adalah jumlah dan panjang akar. Pengamatan dilakukan setelah 3 hari masa inkubasi dan pengukuran dilakukan setelah 4 minggu. Data hasil pengamatan diuji dengan Analysis of Varian (ANOVA), dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf signifikansi 0,05 (á = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan jus tomat dan jus pisang pada media Murashige dan Skoog pada setiap taraf perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah akar. Namun, penambahan jus pisang pada konsentrasi 50x103 ppm dan jus tomat 50x103 ppm serta kombinasi jus tomat 50x103 ppm + jus pisang 50x103 ppm memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan akar.
UJI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata Lamark) PADA PADI SAWAH DENGAN MENGGUNAKAN RENDAMAN AIR KAPUR SIRIH (CaCO3) DAN EKSTRAK DAUN UBI KARET (Manihot glaziovii M.A) Devi Handayani
Jurnal Edubio Tropika Vol 1, No 2 (2013): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.124 KB)

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh rendaman kapur sirih, ekstrak daun ubi karet dan kombinasi antara rendaman kapur sirih dan ekstrak daun ubi karet terhadap mortalitas keong mas, telah dilaksanakan bulan Mai 2013 dikawasan Gampong Doi Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah metode experimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 4x4 dengan 16 perlakuan dengan 4 ulangan. Perlakuan dengan dua faktor yaitu konsentrasi rendaman air kapur sirih (K) dan konsentrasi ekstrak daun ubi karet (U) dengan masing-masing konsentrasi 0%, 1,25%, 2,5% dan 3,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rendaman air kapur sirih menyebabkan keong mas mati dengan cepat pada 48 jam perlakuan, dan dengan menggunakan ekstrak daun ubi karet menyebabkan mortalitas keong mas mati pada 72 jam, sedangkan pada perlakuan antara kombinasi rendaman kapur sirih dan ekstrak daun ubi karet menyebabkan kematian yang sangat cepat pada 24 jam perlakuan. Simpulan penelitian (1) Rendaman kapur sirih berpengaruh terhadap mortalitaas keong mas, (2) Ekstrak daun ubi karet berpengaruh terhadap mortalitas keong mas, dan (3) Kombinasi antara rendaman air kapur dan ekstrak daun ubi karet berpengaruh terhadap mortalitas keong mas.
PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DARI URIN SAPI DAN PUPUK HAYATI BIOBOOST TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN STROBERI (Fragaria virginiana) Rusmawarni Rusmawarni; Djufri Djufri; Supriatno Supriatno
Jurnal Edubio Tropika Vol 4, No 2 (2016): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.922 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi pupuk organik cair dari urin sapi terhadap pertumbuhan tanaman stroberi (fragaria virginiana) dan mendapat konsentrasi yang tepat.Penelitian dilaksanakan di desa Jeget Ayu, kecamatan Jagong Jeget, kabupaten Aceh Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli sampai dengan 23 September 2015. Penelitian ini menggunakan RancanganAcak Lengkap (RAL) faktorial dengan empat ulangan. Faktor pertama adalah pupuk organik cair dengan taraf dosis 0 ml/polybag (S0), 10 ml/polybag (S1), 21 ml/polybag (S2) dan 32 ml/polybag (S3) dan faktor kedua adalah pupuk hayati Bioboost dengan taraf dosis 0 ml/polybag (B0), 10 ml/polybag (B1), 11 ml/polybag (B2) dan 21 ml/polybag (B3). Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik dengan analisis varians pada taraf 5%, jika berpengaruh nyata maka dilanjutkan dengan uji wilayah berganda Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Parameter yang diamati adalah panjang tangkai daun, jumlah daun dan jumlah bunga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan pupuk organik cair dari urin sapi dan pupuk hayati Bioboost memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman stroberi (fragaria virginiana) dan kombinasi perlakuan S2B1 dengan pemberian pupuk organik cair dari urine sapi sebanyak 21 ml/polybag dan pupuk hayati Bioboost sebanyak 10 ml/polybag memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan perlakuan lain.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI KELAS RANGKAP UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN SOFTWARE PRESENTASI DI SMK NEGERI 1 SAMARINDA Elsje Theodora Maasawet; Anda Supanda
Jurnal Edubio Tropika Vol 3, No 1 (2015): Jurnal EduBio Tropika
Publisher : Jurnal Edubio Tropika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.03 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi dan kemampuan penggunaan software presentasi melalui model pembelajaran inkuiri mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) bagi peserta didik SMK Negeri 1 Samarinda.melalui penelitian tindakan kelas (PTK), pengambilan data melalui observasi, dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi peserta didik kelas XII UPW 1 (A) dengan kategori baik sebesar 17,64% dari 64,71% pada pra tindakan menjadi 82,35% pada siklus I, naik 11,77% dari 82,35% pada siklus I menjadi 94,12% pada siklus II dan adanya peningkatan motivasi kategori sangat baik sebesar 11,77% dari 5,88% pada siklus II menjadi 17,65% pada siklus III. Adapun untuk kelas XII UPW 1 (B) terjadi peningkatan juga untuk motivasi kategori baik sebesar 11,77% dari 76,47% pada pra tindakan menjadi 88,24% pada siklus I, naik sebesar 11,76% dari 88,24% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, sedangkan untuk kategori sangat baik yang pada siklus II tidak ada, terjadi peningkatan 5,88% pada siklus III.Selain motivasi, juga adanya peningkatan kemampuan belajar peserta didik. Hal ini terlihat pada persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas XII UPW 1 (A) meningkat sebesar 35,29 % dari 17,65% saat pra tindakan menjadi 52,94% pada siklus I, naik sebesar 11,77% dari siklus I sebesar 52,94% menjadi 64,71% pada siklus II dan naik sebesar 35,29% dari siklus II sebesar 64,71% menjadi 100% pada siklus III. Peningkatan ketuntasan belajar pada kelas XII UPW 1 (B) sebesar 41,18% dari 11,76% saat pra tindakan menjadi 52,94% pada siklus I, naik sebesar 11,77% dari 52,94% pada siklus I menjadi 64,71% pada siklus II, dan naik sebesar 35,29% dari 64,71% pada siklus II menjadi tuntas 100% pada siklus III.

Page 1 of 12 | Total Record : 120