Jurnal EduBio Tropika
Vol 1, No 2 (2013): Jurnal EduBio Tropika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN

Rahmi Rahmi (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penugasan konsep, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan mengkonstruksi peta konsep siswa SMA Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan "Random Pre-test, Post-test Control Group". Pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar angket, dan peta konsep standar. Analisis data menggunakan uji-t dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Penguasaan konsep siswa melalui penerapan model Problem-Based Learning berbeda nyata dibandingkan dengan penerapan model konvensional; 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model Problem-Based Learning berbeda nyata dibandingkan dengan penerapan model konvensional; 3) Kemampuan siswa mengkonstruksi peta konsep melalui penerapan model Pro-blem-Based Learning berbeda nyata dibandingkan dengan penerapan model konvensional; 4) Kemampuan penguasaan konsep berpengaruh sangat nyata terhadap kemampuan mengkonstruksi peta konsep melalui penerapan model Problem-Based Learning dibandingkan dengan penerapan model konvensional; dan 5) Kemampuan berpikir kreatif berpengaruh nyata terhadap kemampuan mengkonstruksi peta konsep melalui penerapan model Problem Based Learning dibandingkan dengan penerapan model konvensional.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...