Penelitian ini berjudul aplikasi metakognitif dalam keterampilan monitoring pada pembelajaran ekosistem terhadap siswa di MAN Rukoh, pada hakekatnya penelitian ini tentang keterampilan monitoring metakognitif pada siswa di MAN Rukoh, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan monitoring metakognitif terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN Rukoh serta untuk mengetahui hubungan antara keterampilan monitoring metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN Rukoh. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan jumlah sampel 23 orang siswa. Rata-rata hasil belajar siswa setelah Proses Belajar Mengajar (PBM) adalah 71, rata-rata keterampilan monitoring metakognitif siswa adalah 2,6. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan keterampilan monitoring metakognitif dengan hasil belajar adalah uji korelasi product moment pada taraf signifikan 0,05. Korelasi antara keterampilan monitoring metakognitif dengan hasil belajar kognitif diperoleh rhitung = 0.457, sedangkan rtabel = 0,413, dimana r hitung lebih besar dari pada r tabel yang berarti Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hubungan antara keterampilan perencanaan metakognitif dengan hasil belajar diperoleh 0,457 yang berarti memiliki hubungan yang cukup diantara kedua variabel tersebut. Simpulan dari penelitian ini adalah keterampilan monitoring metakognitif berhubungan dengan hasil belajar kognitif siswa kelas X MAN Rukoh, artinya semakin tinggi keterampilan monitoring metakognitif semakin tinggi pula hasil belajar kognitif siswa, dengan besarnya koefisien korelasinya adalah 0.457.
Copyrights © 2013