Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA

PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TRADISI SAINS ISLAM DI MADRASAH (GERAK BENDA MENURUT IBNU BAJJAH)

Alip, Dalilah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Jurnal Pendidikan Fisika Banyak karya dari ilmuwan muslim yang belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah, umumnya bahan ajar yang diberikan di Madrasah sama dengan bahan ajar yang diberikan di SMA. Penulisan ini bertujuan untuk mengungkap temuan ilmuwan muslim yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah. Mtode pembahasan yang digunakan dalam tulisan ini adalah sejarah sains berperspektif islam dan metode pembelajaran sains demonstratif. Data dikumpulkan melalui kepustakaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teori gerak dari Ibnu bajjah yang mempengaruhi Galileo Galilei dapat di ajarkan di Madrasah Aliyah. Tujuannya untuk memperkaya wawasan murid tentang IPA berprespektif Islam. 

Copyrights © 2017