Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan MIPA

Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompleksitas Soal Kontekstual Matematika

Susilowati, Chatarina Citra (Unknown)
Komalasari, Veronica Yeshinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Kompleksitas soal-soal kontekstual matematika yang ada di Indonesia sampai saat ini belumada instrumen pengukurannya. Soal-soal kontekstual perlu dilakukan pengukuran supaya tepatdalam penggunaannya, seperti ketercapaian kompetensi dan memperkirakan waktu untukmengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukurankompleksitas soal kontekstual matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitianperancangan dan pengembangan. Subjek penelitian adalah beberapa mahasiswa calon gurumatematika semester tujuh dan tujuh siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telahberhasil dirancang dan disusun instrumen pengukuran kompleksitas masalah kontekstualmatematika. Instrumen telah divalidasi oleh pakar untuk memperoleh umpan balik dalampenyempurnaannya. Ujicoba diawali dengan meminta beberapa mahasiswa calon gurumatematika semester tujuh mengisi instrumen pengukuran kompleksitas soal kontekstualmatematika, kemudian meminta ketujuh siswa kelas X mengerjakan soal yang diberikan. Darihasil ujicoba penggunaan instrumen terhadap subjek penelitian diperoleh hasil bahwa instrumendapat digunakan dengan baik dan dapat memberikan pengukuran yang baik akan kemampuanpemodelan matematis mahasiswa pendidikan matematika.

Copyrights © 2017