Dinamika Informatika
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Dinamika Informatika Volume 5 Nomor 2

EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA MATA KULIAH PENGANTAR LOGIKA MATEMATIKA DAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Istikomah, Dhian Arista (UPY)
Ningsih, Siska Candra (UPY)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual berbantuan software Macromedia Flash pada mata kuliah Pengantar Logika Matematika dan Himpunan lebih efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa daripada pembelajaran konvensional menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan statis tanpa pengacakan (Static Group Comparison). Rancangan ini menggunakan dua kelompok/kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tidak dibentuk dengan pengacakan (random). Kedua kelas diasumsikan sama dalam semua segi yang relevan dan hanya berbeda dalam pemberian perlakuan pada kedua kelas tersebut. Pembelajaran pada kelas eksperimen memberlakukan pendekatan kontekstual berbantuan Macromedia Flash, sedangkan pada kelas kontrol memberlakukan pendekatan yang sama namun berbantuan buku teks. Tahapan penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pembuatan instrument dan perangkat pembelajaran, tahap validasi dan revisi, tahap pelaksanaan dikelas dan tahap analisis. Pada tahap persiapan, dilakukanlah studi literatur tentang pendekatan kontekstual, minat belajar serta hasil belajar. Instumen yang disusun meliputi angket minat, lembar observasi dan tes hasil belajar. Perangkat yang digunakan adalah SAP serta lembar materi. Instrumen dan perangkat disesuaikan dengan perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol. Kegiatan validasi instrument dan perangkat dilakukan oleh satu orang ahli.  Pelaksanaan dalam kelas dilakukan sebanyak 4 kali, dimana 3 kali pertemuan pembahasan materi dan pertemuan terakir untuk tes hasil belajar. Pada pertemuan pertama dilakukanlah pengisian angket minat. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan terhadap  minat, pengaruh pendekatan terhadap hasil belajar, dan pengaruh pendekatan terhadap minat dan hasil belajar secara simultan. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Dari uji tersebut, didapatkan bahwa data hasil belajar kedua kelas adalah normal dengan variansi kedua kelas homogen. Hipotesis diuji dengan uji anova dua jalur. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa:a) tidak ada perbedaan minat mahasiswa kelas yang menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan Macromedia Flash, dengan minat mahasiswa yang menerapkan pendekatan kontekstual berbantuan buku teks; b) ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbantuan Macromedia Flash dengan kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menggunakan buku teks; c) tidak ada pengaruh pendekatan terhadap minat dan hasil belajar secara simultan, hal ini dimungkinkan karena minat kedua kelas berada dalam kategori yang sama, yaitu sedang; d) pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan media Macromedia Flash lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan menggunakan pendekatan yang sama berbantuan buku teks.

Copyrights © 2016