Dinamika Informatika
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Dinamika Informatika Volume 5 Nomor 2

EDUTAINMENT ANIMASI DONGENG PENDIDIKAN GUNA MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM MELATIH PERILAKU DISIPLIN DAN KECERDASAN SPIRITUAL

Putri, Puji Handayani (UPY)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Dongeng pendidikan kerap dijadikan sarana pembelajaran kepada anak-anak. Pesan yang terkandung dalam setiap dongeng pendidikan dapat melatih perilaku disiplin dan merangsang kecerdasan spiritual anak. Salah satu cara untuk memaksimalkan potensi anak yaitu dengan menerapkan metode bercerita. Kegiatan bercerita memungkinkan anak mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor, sehingga anak terlatih untuk menjadi pendengar yang kreatif dan kritis. Penyampaian dongeng pendidikan dapat diwujudkan dalam teknologi multimedia edutainment yang mencakup kartun animasi, film animasi dan permainan digital. Film animasi dongeng pendidikan dalam makalah ini berjudul “Jam Weker Budi”. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai alat bantu untuk melatih perilaku disiplin khususnya peserta didik Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini juga berharap untuk membantu mengembangkan potensi kecerdasan spiritual peserta didik. Film animasi ini di uji cobakan pada peserta didik Taman Kanak-Kanak, dari hasil pemutaran film animasi maka dapat disimpulkan bahwa film animasi “Jam Weker Budi” berjalan dengan baik dan dapat ditonton. Dalam pemutaran film animasi tersebut, peserta didik sangat antusias dan meminta untuk memutar kembali film animasi secara berulang-ulang.

Copyrights © 2016