Dinamika Informatika
Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Dinamika Informatika Volume 6 Nomor 1

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Wardani, Setia (UPY)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2017

Abstract

Pembelajaan tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran di sekolah dapat dilakukan dengan mudah dan cepat jika dilakukan dengan bantuan TIK. Namun kenyataan dilapangan, konsep pembelajaran tematik Sekolah Dasar (SD) ternyata masih kurang memanfaatkan TIK. Berdasarkan hasil observasi sebelumnya pada beberapa SD negeri dan swasta di Kabupaten Bantul, hampir sebagian guru menerapkan Kurikulum 2013 mengacu pada buku tematik Kurikulum 2013 dimana dalam buku tersebut tidak ada pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran berbasis animasi untuk pembelajaran tematik pada siswa SD serta menguji media pembelajaran tersebut pada siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis R&D yaitu penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki beberapa tahap prosedur yaitu analisis kebutuhan, perencanaan pembelajaran, pengembangan produk, uji coba, analisis hasil dan review. Tahap ujicoba dilakukan dengan membandingkan kelompok yang menggunakan media pembelajaran dan kelompok yang menggunakan media gambar. Subyek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa SD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dipilih berdasarkan tujuan yaitu SD yang menggunakan kurikulum 2013 dan memiliki laboratorium komputer. Instrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan (1) Perancangan media pembelajaran berbasis animasi menarik bagi siswa SD dan memudahkan guru melakukan pembelajaran kepada siswa khususnya pembelajaran tematik (2) Berdasarkan analisis data dengan uji Mann-Whitney U-Test, ada perbedaan signifikan motivasi belajar yang menggunakan media pembelajaran dan media gambar pada siswa SD, dengan nilai significansi = 0,000 yang artinya media pembelajaran lebih efektif untuk meningkatan motivasi belajar dibandingkan dengan media gambar. Hal tersebut dapat dilihat dari mean motivasi dengan menggunakan media pembelajaran yaitu 33,32, sedangkan mean motivasi dengan menggunakan media gambar yaitu 24,67.

Copyrights © 2017