Dinamika Informatika
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Dinamika Informatika Volume 6 No 2

PELATIHAN PEMBUATAN GAME PUZZLE TEBAK GAMBAR DALAM BAHASA INGGRIS BAGI GURU KELAS SD MUHAMMADIYAH 3 AMBARKETAWANG

Putri, Puji Handayani (UPY)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2017

Abstract

Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan di kelas dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, salah satunya ialah dengan aplikasi game puzzle tebak gambar. Dalam mencapai tujuan guru kelas dibekali ketrampilan untuk dapat membuat aplikasi game puzzle sederhana tebak gambar dengan menyusun huruf dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan Macromedia Flash 8 platform PC. Pemilihan Macromedia Flash 8 ini dimaksudkan memberikan kemudahan dalam implementasi perancangan game puzzle. Bergenre puzzle disini salah satu permainan yang sangat popular dikalangan anak-anak dan sangat digemari. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini berupa model penyuluhan, praktek, pelatihan serta diskusi. Pelatihan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan, dari perancangan beserta implementasi. Peserta pelatihan ialah guru kelas SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Gamping Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. pelatihan tersebut diharapkan dapat membekali guru kelas untuk dapat menciptakan aplikasi pembelajaran berupa game puzzle sederhana, menarik serta user friendly sesuai mata pelajaran yang diampu serta dapat disampaikan kepada siswa dengan penuh manfaat.

Copyrights © 2017