Dinamika Informatika
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Informatika Volume 7 Nomor 1

PEMBUATAN KARAKTER 2D UNTUK FILM ANIMASI SEPAK BOLA GAJAH

Syah, Firdiyan ( Universitas Amikom Yogyakarta)
Utami, Ema ( Universitas Amikom Yogyakarta)
Sunyoto, Andi ( Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Perkembangan film animasi sampai sekarang salah satu film animasi yang paling popular adalah tom and jerry. Film animasi Tom and Jerry begitu sangat digemari dari semua kelompok umur terbukti dari awal film ini dibuat sudah ada tujuh perusahaan animasi yang membuat. Dan sampai sekarang belum ada film animasi yang mampu menandingi kelucuan dan keunikan film kartun Tom and Jerry. Permasalahan ini menjadi topik karena karakter ini belum ada yang menandingi terutama industri animasi local. Karena itu pembuatan karakter 2D untuk film animasi sepakbola gajah untuk menampilkan film anima si yang bisa menandingi dari segi kelucuan dan dari segi cerita, dipadukan dengan olahraga sepakbola untuk menarik peminat lebih banyak. Metode yang digunakan adalah pengembangan multimedia, dan pengumpulan data untuk materi menggunakan metode observasi dan studi pustaka  untuk merekayasa karakter menjadi lebih menarik. Hasil yang didapat adalah dua karakter gajah senior dan junior yang memiliki karakter berbeda, gajah senior berbadan besar, dan memiiliki watak egois dan suka pamer. Sedang karakter lawan sebagai kebalikannya, berwatak kalem dan sedikit penakut. Gajah senior menampilkan emosi yang berlebih dalam permainan sepakbola sangat egois dan dalam latihan suka mempermaikan gajah junior. Tetapi justru banyak kesialan yang di alami oleh gajah junior. Kesialan-kesialan ini yang akan di tampilkan menjadi hal-hal lucu dan mengandung pesan moral dalam pembuatan film animasi. Kata kunci—Animasi, Multimedia, Sepakbola gajah, 2D

Copyrights © 2018