Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan

Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA

Deka Andriani (Unknown)
Dwi Yulianti (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2017

Abstract

This study aims to produce a module of biology learning based on critical thinking skills that are effective in improving learning outcomes for students in senior high school grade X.The Study using Borg and Gall development method and product effectiveness test is using U Mann-Whitney test based on N-Gain calculation obtained from pretest and posttest score of each experimental class and control class and product attractiveness is determined by indicator according to percentage range. Data collection, for the feasibility and attractiveness of the module using a questionnaire while the effectiveness of the module is using the instrument test. Product trials were conducted at SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung and SMAN 1 Terusan Nunyai district of Central Lampung with Pretest Posttest Control Group Design. The sample of the research is 94 people for experiment class and 94 people for control class. The result of data analysis shows that there is a significant increase of student learning outcomes and the module is very interesting with the percentage of attractiveness of 93% and the ease with the percentage of 84.67%.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi berbasis keterampilan berpikir kritis yang efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Penelitian menggunakan metode pengembangan Borg and Gall, uji efektivitas produk menggunakan U Mann-Whitney test berdasarkan perhitungan N-Gain yang diperoleh dari skor pretes dan postes masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol dan daya tarik produk ditetapkan dengan indikator sesuai rentang persentase. Pengumpulan data antara lain untuk kelayakan dan daya tarik modul menggunakan angket sementara efektivitas modul menggunakan instrument tes. Uji coba produk dilaksanakan di SMAN 1 Seputih Mataram, SMAN 1 Seputih Agung dan SMAN 1 Terusan Nunyai kabupaten Lampung Tengah dengan Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA sebanyak 94 orang untuk kelas eksperimen dan 94 orang untuk kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa dan modul sangat menarik dengan persentase kemenarikan sebesar 93% dan kemudahan dengan persentase 84,67%.Kata Kunci : pengembangan bahan ajar, modul, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2017