Ù
ÙØ®Øµ : ÙØ¹ØªÙ
د ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« عÙÙ ÙÙØ© اÙÙØ¯Ø±Ø© عÙ٠اÙÙØ±Ø§Ø¡Ø© Ù٠اÙÙØºØ© Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© ÙØ¯Ù Ø§ÙØ·Ùبة. ÙØØ¯Ø« ÙØ°Ø§ بسبب Ø£ÙØ´Ø·Ø© Ø§ÙØªØ¹ÙÙ
Ø§ÙØªÙ تÙ
Ù٠إÙÙ Ù
Ù
ÙØ© ÙØ§Ø³ØªØ¹Ù
Ø§Ù Ø§ÙØ¥Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬ÙØ© Ø³ÙØ§Ø¡ ÙÙ Ù٠اجتÙ
Ø§Ø¹Ø ÙÙØ°ÙÙ ÙØ¬Ø¹Ù Ø§ÙØ·Ùبة ÙØ³ÙØ§ÙØ§ ع٠اÙÙ
ÙØ§Ø¯ Ø§ÙØªÙ ÙØ¯ تÙ
تعÙÙÙ
ÙØ§. ÙÙÙØ¯Ù ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« Ø¨ÙØ¯Ù ÙØµÙ تÙÙÙØ° Ø§ÙØªØ¹ÙÙ
Ø¨ÙØ±Ø§Ø¡Ø© اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ø¨Ø§ÙØ§Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬ÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø§Øª ÙÙØµÙ ÙØªÙجة Ø²ÙØ§Ø¯Ø© ÙØ¯Ø±Ø© ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© بجاÙ
عة Ù
Ø¹Ø§Ø±Ù Ø§ÙØ¥Ø³ÙاÙ
ÙØ© ÙÙØ¶Ø© Ø§ÙØ¹ÙÙ
اء Ù
تر٠ÙÙ
بÙÙØ¬ Ù
Ù Ø®ÙØ§Ù استخداÙ
Ø§ÙØ¥Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬ÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø§Øª. ÙÙÙØ¹ ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« Ø¨Ø¨ØØ« Ø§ÙØ¥Ø¬Ø±Ø§Ø¦ÙØ ÙÙ Ø§ÙØªØ®Ø·ÙØ· ÙØ§ÙتÙÙÙØ° ÙØ§ÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø© ÙØ§ÙتÙÙÙØ±. ÙØªÙ
إجراء ÙØ°Ø§ Ø§ÙØ¨ØØ« Ø¨Ø¯ÙØ±ØªÙÙØ ÙÙ ÙÙ Ø¯ÙØ±Ø© اجتÙ
اعاÙ. Ø§ÙØ£Ø¯Ùات اÙÙ
ستخدÙ
Ø© ÙÙ Ø§ÙØ£Ø³Ø¦ÙØ© Ø§ÙØ§Ø®ØªØ¨Ø§Ø± ÙØ£Ùرا٠ÙÙÙ
Ø±Ø§ÙØ¨Ø© ÙØ£Ø¯ÙØ© ÙÙÙ
ÙØ§Ø¨ÙØ©. Ø¸ÙØ±Øª اÙÙØªØ§Ø¦Ø¬: (Ù¡) Ø²ÙØ§Ø¯Ø© ÙØ¯Ø±Ø© ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø§Øª. ÙÙ Ø§ÙØ¥Ø¬ØªÙ
اع Ø§ÙØ£ÙÙÙ Ù
Ù Ø§ÙØ¯Ùرة Ø§ÙØ£ÙÙÙ Ø§ÙØªÙ Ø¹Ø±ÙØªÙا ÙÙ Ø¬ÙØ³Ø§Øª اÙÙØ±Ø§Ø¡Ø© Ø§ÙØ¬ÙØ±ÙØ©Ø ÙØ§Ù Ù
عظÙ
Ø§ÙØ·Ùبة Ø£ÙÙ Ù
جÙ
ÙØ¹Ùا ÙÙ Ø§ÙØªØµÙÙØªØ ÙÙÙÙ ÙÙ Ø§ÙØ§Ø¬ØªÙ
اع Ø§ÙØ«Ø§Ù٠زاد. (Ù¢) ÙØ´Ø¹Ø± Ø§ÙØ·Ùبة Ø£ÙØ¶Ùا باÙÙ
ساعدة ÙÙ ÙÙÙ
Ù
ØØªÙÙØ§Øª اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø§Øª ÙØ£Ù ÙØ°Ù Ø§ÙØªÙÙÙØ© Ø¨Ø³ÙØ·Ø© Ø¬Ø¯ÙØ§ ÙØ³ÙÙØ© Ø§ÙØªØ·Ø¨ÙÙ.(Ù£)Ù
Ù Ø§ÙØ¨ÙØ§ÙØ§Øª Ø§ÙØªÙ تÙ
Ø§ÙØØµÙ٠عÙÙÙØ§Ø Ù
٠اÙÙ
عرÙÙ Ø£Ù ÙØ¯Ø±Ø© ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨ÙØ© ÙØ¯ Ø§Ø²Ø¯Ø§Ø¯ØªØ Ø£Ù ÙØ¨Ù إجراء ÙØªØ§Ø¦Ø¬ تعÙÙ
Ø§ÙØ·Ùبة Ù٠اÙÙ
ØªÙØ³Ø· ÙÙØ· ٤٥% بعد ÙÙØ§ÙØ© Ø§ÙØ¥Ø¬Ø±Ø§Ø¡ ÙÙ Ø§ÙØ¯ÙØ±Ø©Â Ø§ÙØ£ÙÙÙ ÙØ§ÙÙ
Ø¹Ø¯Ù ÙØ¯Ø±Ù Ù§Ù©%Ø ÙÙ Ø§ÙØ¯ÙØ±Ø©Â Ø§ÙØ£ÙÙÙ ÙØ§ÙÙ
Ø¹Ø¯Ù ÙØ¯Ø±Ù ٨٦%..اÙÙÙÙ
ات اÙÙ
ÙØªØ§Ø : Ø§ÙØ¥Ø³ØªØ±Ø§ØªÙØ¬ÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ©Ø تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙØ§ØØ¸Ø§ØªØ ÙÙÙ
اÙÙØµÙص Ø§ÙØ¹Ø±Ø¨Ùة Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung membosankan dan strategi yang selalu sama pada setiap pertemuan sehingga membuat mahasiswa mudah lupa dengan materi yang telah disampaikan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks bahasa Arab dengan strategi kognitif  teknik taking notes dan mendeskripsikan hasil peningkatan penguasaan membaca teks bahasa Arab mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIM NU Metro Lampung melalui penggunaan strategi kognitif dengan teknik taking notes.Rancangan penelitian menggunakan penelitan tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Arab dengan teknik taking notes mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama siklus I diketahui pada sesi membaca nyaring sebagian besar mahasiswa kurang total dalam mengeluarkan suara, namun di pertemuan ke dua sudah mengalami peningkatan. (2) mahasiswa juga merasa terbantu dalam memahami isi teks bahasa Arab dengan teknik taking notes karena teknik ini sangat simpel dan mudah diterapkan. (3) Dari data yang di dapatkan diketahui bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Arab mengalami peningkatan, yakni sebelum dilakukan tindakan hasil belajar mahasiswa rata-rata hanya 45% setelah akhir tindakan pada siklus I rata-rata 79%, dan siklus II rata-rata 86%. Kata Kunci : memahami teks bahasa Arab, strategi kognitif, teknik taking notes
Copyrights © 2018