Ù
Ùخص : ÙعتÙ
د Ùذا اÙبØØ« عÙÙ ÙÙØ© اÙÙدرة عÙ٠اÙÙراءة Ù٠اÙÙغة اÙعربÙØ© Ùد٠اÙØ·Ùبة. ÙØدث Ùذا بسبب Ø£Ùشطة اÙتعÙÙ
اÙت٠تÙ
Ù٠إÙÙ Ù
Ù
ÙØ© ÙاستعÙ
ا٠اÙإستراتÙجÙØ© سÙاء ÙÙ Ù٠اجتÙ
Ø§Ø¹Ø ÙÙØ°ÙÙ Ùجع٠اÙØ·Ùبة ÙسÙاÙا ع٠اÙÙ
Ùاد اÙت٠Ùد تÙ
تعÙÙÙ
Ùا. ÙÙÙد٠Ùذا اÙبØØ« بÙد٠Ùص٠تÙÙÙØ° اÙتعÙÙ
بÙراءة اÙÙصÙص اÙعربÙØ© باÙاستراتÙجÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙاØظات ÙÙص٠ÙتÙجة زÙادة Ùدرة ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙصÙص اÙعربÙØ© بجاÙ
عة Ù
عار٠اÙإسÙاÙ
ÙØ© ÙÙضة اÙعÙÙ
اء Ù
تر٠ÙÙ
بÙÙج Ù
Ù Ø®Ùا٠استخداÙ
اÙإستراتÙجÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙاØظات. ÙÙÙع Ùذا اÙبØØ« ببØØ« اÙإجرائÙØ Ù٠اÙتخطÙØ· ÙاÙتÙÙÙØ° ÙاÙÙ
ÙاØظة ÙاÙتÙÙÙر. ÙتÙ
إجراء Ùذا اÙبØØ« بدÙرتÙÙØ ÙÙ Ù٠دÙرة اجتÙ
اعاÙ. اÙأدÙات اÙÙ
ستخدÙ
Ø© Ù٠اÙأسئÙØ© اÙاختبار ÙØ£Ùرا٠ÙÙÙ
راÙبة ÙأدÙØ© ÙÙÙ
ÙابÙØ©. ظÙرت اÙÙتائج: (Ù¡) زÙادة Ùدرة ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙصÙص اÙعربÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙاØظات. Ù٠اÙإجتÙ
اع اÙØ£ÙÙÙ Ù
٠اÙدÙرة اÙØ£ÙÙ٠اÙت٠عرÙتÙا Ù٠جÙسات اÙÙراءة اÙجÙرÙØ©Ø Ùا٠Ù
عظÙ
اÙØ·Ùبة Ø£ÙÙ Ù
جÙ
ÙعÙا Ù٠اÙتصÙÙØªØ ÙÙÙÙ Ù٠اÙاجتÙ
اع اÙثاÙ٠زاد. (Ù¢) Ùشعر اÙØ·Ùبة Ø£ÙضÙا باÙÙ
ساعدة ÙÙ ÙÙÙ
Ù
ØتÙÙات اÙÙصÙص اÙعربÙØ© Ù
ع تÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙاØظات ÙØ£Ù Ùذ٠اÙتÙÙÙØ© بسÙطة جدÙا ÙسÙÙØ© اÙتطبÙÙ.(Ù£)Ù
٠اÙبÙاÙات اÙت٠تÙ
اÙØصÙ٠عÙÙÙØ§Ø Ù
٠اÙÙ
عرÙ٠أ٠Ùدرة ÙØ·Ùبة ÙÙ ÙÙÙ
اÙÙصÙص اÙعربÙØ© Ùد Ø§Ø²Ø¯Ø§Ø¯ØªØ Ø£Ù Ùب٠إجراء Ùتائج تعÙÙ
اÙØ·Ùبة Ù٠اÙÙ
تÙسط ÙÙØ· ٤٥% بعد ÙÙاÙØ© اÙإجراء Ù٠اÙدÙرة اÙØ£ÙÙÙ ÙاÙÙ
عد٠Ùدر٠٧٩%Ø Ù٠اÙدÙرة اÙØ£ÙÙÙ ÙاÙÙ
عد٠Ùدر٠٨٦%..اÙÙÙÙ
ات اÙÙ
ÙØªØ§Ø : اÙإستراتÙجÙØ© اÙÙ
عرÙÙØ©Ø ØªÙÙÙØ© أخذ اÙÙ
ÙاØØ¸Ø§ØªØ ÙÙÙ
اÙÙصÙص اÙعربÙØ©Â Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung membosankan dan strategi yang selalu sama pada setiap pertemuan sehingga membuat mahasiswa mudah lupa dengan materi yang telah disampaikan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks bahasa Arab dengan strategi kognitif  teknik taking notes dan mendeskripsikan hasil peningkatan penguasaan membaca teks bahasa Arab mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIM NU Metro Lampung melalui penggunaan strategi kognitif dengan teknik taking notes.Rancangan penelitian menggunakan penelitan tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi dan pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Arab dengan teknik taking notes mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama siklus I diketahui pada sesi membaca nyaring sebagian besar mahasiswa kurang total dalam mengeluarkan suara, namun di pertemuan ke dua sudah mengalami peningkatan. (2) mahasiswa juga merasa terbantu dalam memahami isi teks bahasa Arab dengan teknik taking notes karena teknik ini sangat simpel dan mudah diterapkan. (3) Dari data yang di dapatkan diketahui bahwa kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Arab mengalami peningkatan, yakni sebelum dilakukan tindakan hasil belajar mahasiswa rata-rata hanya 45% setelah akhir tindakan pada siklus I rata-rata 79%, dan siklus II rata-rata 86%. Kata Kunci : memahami teks bahasa Arab, strategi kognitif, teknik taking notes
Copyrights © 2018